Nelayan Minta Pengelolaan Basket Lebih Jelas

454

kabartuban.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Tuban mengundang kembali nelayan Desa Palang di aula DKP, Jum’at (22/1/2016) sekitar pukul 10.00 WIB yang sebelumnya pernah dilaksanakan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Palang, Jum’at (15/1/2016) kemarin.

Koordinasi yang dilakukan oleh DKP kemarin di TPI Palang, dirasa masih belum bisa memberikan kepuasan oleh nelayan sekitar, terkait kejelasan pengelolaan basket (keranjang ikan).

Koordinasi yang dihadiri oleh tujuh nelayan palang menuntut agar tidak ada pungli basket dan pengelolaannya jelas. Para nelayan juga meminta agar petugas TPI dari Dinas harus dirolling.

“Kita meminta agar pengelolaan basket lebih jelas dan tidak ada sewa lagi mengenai basket, dan meminta agar petugasnya dirolling, karena belum bisa mengkomunikasikan dengan baik pada nelayan,” tegas Darkum, salah seorang nelayan Palang.

Namun, keresahan nelayan Palang itu dijawab langsung oleh Sunarto selaku Kepala DKP, demi kesejahteraan nelayan.

“Untuk pengelolaan, tinggal dirapatkan beserta seluruh nelayan, dengan membuat kelompok nelayan atau koperasi, yang nantinya kelompok nelayan atau koperasi bisa mengelolanya,” tegas Sunarto.

Lebih lanjut Sunarto juga menampung keluhan nelayan Palang mengenai rolling petugas. “Saya terima keluhannya, dan nanti akan kami diskusikan untuk rolling petugas demi kesejahteraan nelayan”. (mus/riz)

/