Pekerja Kebersihan Desak PT Semen Indonesia Pulihkan Hak dan Upah Mereka

kabartuban.com – Ratusan buruh pabrik yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kabupaten Tuban menggelar aksi demonstrasi untuk memperjuangkan hak-hak mereka di PT. Semen Indonesia, yang berlokasi di Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, pada Kamis, (08/08/2024).

Aksi kali ini diikuti oleh sekitar 290 buruh kebersihan PT. Semen Indonesia dan berlangsung di tiga lokasi, yaitu di PT. Semen Indonesia, Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban, dan Kantor Pemkab Tuban.

Ketua FSPMI Cabang Tuban, Duraji, mengungkapkan bahwa dalam aksi ini, para buruh kebersihan menuntut agar pihak PT. Semen Indonesia menghentikan praktik diskriminasi terhadap tenaga kerja.

“Kawan-kawan objek pekerja kebersihan Tuban 2, pabrik Tuban 3, dan Tuban 4 ini mengalami perubahan status dari PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu) bulanan menjadi harian lepas, sehingga ketika kawan-kawan tidak bekerja, mereka tidak mendapatkan upah,” ujar Duraji.

Padahal, para pekerja telah bekerja selama 15 tahun dengan pekerjaan yang sama dan upah di atas upah minimum. Namun, sejak dua tahun lalu, gaji para pekerja kebersihan diturunkan.

“Para kawan-kawan kebersihan sudah berupaya Semen Indonesia bisa on fire lagi dengan cara bersepakat, atau pada waktu itu dirubah HL (Harian Lepas) dulu. Tetapi, hari ini waktunya kawan-kawan meminta haknya kembali. Karena, Semen Indonesia berjanji akan merubah statusnya kembali setelah PT Semen Indonesia berbenah,” terang Duraji di hadapan awak media.

Karena tidak kunjung mendapatkan tanggapan dari PT. Semen Indonesia, para pendemo melakukan blokade jalan akses keluar masuk produksi yang berada di pos satu.

“Kami akan terus melakukan upaya aksi terus-menerus. Bila memungkinkan, kami akan mendirikan tenda di pabrik Semen tersebut, seperti yang kita lakukan di PT sebelah dulu. Selama berbulan-bulan kita akan lakukan itu sampai PT Semen Indonesia menyerah,”  pungkas Duraji. (fah/zum)

Populer Minggu Ini

Sistem Manajemen Pengawasan Keamanan Pangan Segar Pemkab Tuban Raih Predikat A

kabartuban.com -- Dalam acara peringatan Hari Pangan Sedunia ke-44...

Pria Paruh Baya Asal Jenu Gantung Diri Diduga Akibat Lama Sakit Keras

kabartuban.com -- Seorang pria asal Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban,...

HUT Persatu ke-49, Ultras Kecam Jangan Ada Tendensi Politik

kabartuban.com -- Ratusan Anggota Ultras Persatu Tuban merayakan peringatan...

Komisi IV DPRD Tuban Akan Jembatani Aspirasi Guru Swasta ke Menpan-RB

kabartuban.com -- Setelah melakukan aksi damai di depan kantor...

Polres Tuban Berhasil Ringkus Dua Anggota Gangster Yang Sempat Resahkan Warga

kabartuban.com -- Masyarakat Kabupaten Tuban sempat diresahkan dengan adanya...
spot_img

Artikel Terkait