Polda Jatim Siap Terjunkan 113 Personel Untuk Kawal Pemilu 2024

kabartuban.com — Sebanyak 113 personel Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur disiapkan untuk diterjunkan menjadi pengawal pribadi bagi ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim di Pemilihan Kepala Daerah 2024 yang akan datang.

Dalam apel yang digelar di Mapolda Surabaya, Kapolda Jatim, Irjen Pol Imam Sugianto menjelaskan terdapat 3 Pasangan Calon (Paslon) Gubernur, 60 Paslon Bupati dan 21 Paslon Walikota pada Pilkada Jatim 2024.

“Untuk di Polda Jatim telah membentuk tim patwal dan walpri yang akan melekat pada ketua KPU, Bawaslu, dan masing-masing calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2024,” papar Imam Sugianto, Selasa (24/09/2024).

Tugas tersebut akan dimulai pada tanggal 25 September hingga 23 November 2024 guna mengamankan juga mendukung kelancaran pelaksanaan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan itu.

“Sebanyak 113 personel pamwal dan walpri terpilih. Para personel tersebut memiliki peran strategis dalam memastikan keamanan pihak penyelenggara dan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur selama tahapan Pilkada serentak 2024. Terutama saat kampanye dan kegiatan publik lainnya,” lanjutnya dikutip dari Antaranews.

Dijelaskannya juga bahwa untuk menjadi walpri bukan hanya dituntut untuk siap secara fisik, tapi juga harus cermat dan memiliki kewaspadaan yang tinggi karena potensi ancaman apapun itu bisa terjadi dalam proses Pilkada.

“Apel gelar pasukan hari ini bertujuan untuk memastikan kesiapan personel pamwal dan walpri serta akan dilakukan penyerahan simbolis. Hal ini menunjukkan komitmen kita bersama dalam menjaga keamanan dan kelancaran jalannya Pilkada 2024,” pungkas Imam.

Dalam melaksanakan tugasnya, Imam meminta para personel yang telah terpilih untuk menjadi walpri agar senantiasa meningkatkan keimanan juga ketakwaan dengan meniatkan tugas yang dilaksanakannya nanti sebagai amal ibadah. Pada akhir kata ia juga mengingatkan kepada setiap Polri yang bertugas untuk menjaga Marwah kehormatan Polri dengan memastikan netralitas dalam setiap tindakan dan keputusan yang diambil. (za)

Populer Minggu Ini

Langit Tuban Akan Alami Variasi Cuaca pada Sabtu, 29 September 2024

kabartuban.com -- Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban akan mengalami variasi...

Target Kunjungan Wisatawan Belum Tercapai, Disbudpar Jatim Gencarkan Promosi

kabartuban.com -- Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) telah...

Hutang Jatuh Tempo Negara Capai Rp.800 Triliun, Kemenkeu Siapkan Strategi Pelunasan

kabartuban.com -- Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI telah mengungkapkan rencana...

Langit Bulan Oktober Akan Dihiasi Berbagai Fenomena Astronomi

kabartuban.com -- Oktober 2024 akan menjadi bulan yang istimewa...

Mendagri Keluhkan Banyak Pemda yang Boros Pergunakan Anggaran

kabartuban.com -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian...
spot_img

Artikel Terkait