Proses Revitalisasi Pantai Boom Akan Masuk P-APBD Tahun 2022

121
Pantai Boom Tuban

kabartuban.com – Proses revitalisasi penataan Alun-Alun Tuban juga kompleks Wisata Pantai Boom, yang mana pada saat itu akan dijadikan satu paket bersama wisata pantai tersebut rupanya tak sesuai rencana, karena proyek pembangunan hanya terealisasikan untuk alun-alun saja.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PUPR-PRKP) Tuban, Agung Supriyadi membeberkan jika memang pengerjaan revitalisasi untuk kawasan Wisata Pantai Boom akan ditangani pada Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) Tahun 2022.

“Bukan batal, Cuma nama kegiatannya saja yang menggabungkan Alun-alun dan Kawasan pantai Boom. Sekarang di APBD 2022 fokus dipengerjaan Alun-Alun Tuban, sedangkan untuk Kawasan Boom sendiri insyaallah ditangani P-APBD 2022 ini,” jelasnya saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Senin (19/9/2022).

Baca juga : Usai Harga BBM Naik, Pengendara Keluhkan Harga Pertalite yang Makin Boros

Sementara itu dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman (PUPR-PRKP) menyebutkan bahwa seharusnya revitalisasi tersebut, diperuntukkan untuk menata area mulai dari Pos Polisi hingga pintu masuk di Wisata Pantai Boom.

Untuk diketahui, pemenang daripada proyek revitalisasi tersebut ialah CV Bhaskara Djaya, yang beralamatkan di Kota Surabaya, dengan nilai tawar sebesar Rp 1,953 Miliar dari pagu anggaran sebesar Rp 1,977 Miliar.

“Untuk kegiatan penataan bangunan dan lingkungan Alun-Alun Tuban dan Pantai Boom semula memang direncanakan untuk menata Alun-Alun dan Jl. Yos Sudarso (dari Pos Polisi sampai pintu masuk Pantai Boom) belum sampai di dalam area wisata,”jelasnya.

Menurutnya salah satu pemicu belum mennyentuhnya revitalisasi di area tersebut, lantaran perubahan Rancangan Anggaran Biaya (RAB) proyek. Jadi revitalisasi Pantai Boom Tuban akan kembali direncanakan pada tahun 2023 mendatang.

Lebih lanjut, Andi mengungkapkan untuk revitalisasi sisi utara Alun-alun Kota Tuban, Pemkab akan menghadirkan bangunan yang lebih fresh dengan design yang lebih modern.

“Sisi utara Alun-alun akan dibuat lebih fresh, dengan design yang lebih modern. Meliputi upgrade perkerasan yang semula berupa paving, menjadi granit dan penataan tamannya,” sambungnya. (hin/dil)

/