PT SI Terus Pedulikan Usaha Mikro

383

warungSGkabartuban.com – Tidak hanya usaha batik dan unit usaha menengah yang dibina oleh PT Semen Indonesia (persero) Tbk (PT SI) di Tuban. Melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL), PT SI juga secara aktif dan konstan membina usaha mikro yang ada di Kabupaten Tuban. Beberapa diantaranya yang kita lihat adalah binaan terhadap pengusaha mikro, seperti pedagang di pasar, toko pracangan, toko klontong, kedai, dan warung sangat sederhana.

Salah satunya adalah warung makan dan minum di Kelurahan Kingking Kecamatan Tuban. Warung milik bapak Ahmad ini juga mendapatkan sentuhan perhatian dari PT SI, sehingga dapat menjadi sokongan dagangan sehari – harinya.

Bapak Ahmad dan Istrinya gayung sambut dengan program binaan dari PT SI. Mereka mengaku sangat senang dan bersyukur karena PT SI juga memperhatikan orang kecil seperti mereka. “Kami sangat bersyukur mas, paling tidak bantuan dari semen ini cukup mengurangi beban kami. Usaha kami jadi semakin lancar dan minim hambatan,” tutur pak Ahmad sambil menggoreng tempe di warungnya.

Lebih lanjut pak Ahmad juga menambahkan, “Kami berharap, keberadaan PT SI tidak hanya bermanfaat kepada warga sekitar pabrik saja. Namun secara keseluruhan dapat bermanfaat kepada seluruh warga Tuban. Orang seperti kami ini tidak butuh bantuan besar mas, yang penting usaha kami berjalan lancar dan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari,” tuturnya.

Kepada wartawan media ini, pak Ahmad mengaku bahwa yang mendapat bantuan dari PT SI tidak hanya dirinya saja, namun banyak juga teman – temannya yang juga mendapat bantuan dari PT SI. “Tidak hanya saya saja mas, banyak teman – teman saya yang juga pedagang kecil, mendapat bantuan dari PT SI juga,” akunya, Senin (9/12/2013).

Seorang pedagang di Pasar Baru Tuban, Abdul Fattah juga mengatakan bahwa “Kepedulian PT SI terhadap usaha – usaha kecil ini cukup terlihat menyebar di hampir seluruh wilayah Kabupaten Tuban. Tidak hanya di daerah sekitar pabrik, namun menfaat keberadaan PT SI di Tuban cukup  dirasakan sejumlah kalangan, mulai pengusaha sangat kecil hingga pengusaha besar.” Ungkapnya.

“Apalagi sejak ada Menteri Dahlan Iskan, pabrik semen rasanya lebih terbuka dan lebih memperhatikan orang – orang kecil, dibandingkan dengan sebelum ada menteri Dahlan Iskan,” Fattah menambahkan pendapatnya.

Menurut sejumlah informasi yang didapat wartawan media ini, pihak PT SI juga sedang melakukan banyak program sosial yang juga bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Tuban. (im)