Sepuluh Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Tubuh

524
Ilustrasi minyak zaitun

kabartuban.com – Minyak ini diekstrak dari buah zaitun yaitu buah dari pohon zaitun. Minyak zaitun merupakan minyak alami yang kaya antioksidan dan mampu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Lemak utama yang dikandungnya adalah asam lemak tak jenuh tunggal, yang dianggap sebagai lemak menyehatkan. Antioksidan dalam minyak zaitun dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang dapat menyebabkan berbagai kondisi kesehatan dan penyakit.

Baca juga: Rubuan Santri Resmi Dikukuhkan Sebagai Anggota Pagar Nusa Tuban

Berikut ini beberapa manfaat minyak zaitun bagi Kesehatan tubuh :

  1. Mengurangi kemungkinan penyakit kardiovaskular, minyak ini dinilai dapat melindungi diri terhadap penyakit jantung dengan melindungi kolestrol LDL dari oksidasi, memperbaiki lapisan pembuluh darah, dan membantu mencegah pembekuan darah berlebihan.
  2. Mencegah sindrom metabolik, gangguan Kesehatan ini ditandai oleh sekelompok faktor yang meningkatkan risiko penyakit, termasuk obesitas tekanan darah tinggi, dan kadar gula darah tinggi. Minyak zaitun yang dicampur kedalam makanan dapat mencegah meningkatnya fitur sindrom metabolik dan memproduksi kolesterol baik.
  3. Mengurangi risiko depresi, minyak ini dinilai dapat membantu melindungi system saraf dari kerusakan yang dapat ditimbulkan dari lemak trans pada jenis minyak lain atau makanan tidak sehat.
  4. Menurunkan risiko kanker payudara, antioksidan dalam minyak zaitun dinilai dapat membantu melindungi tubuh dari peradangan, kerusakan oksidatif, dan perubahan epigenetik. Selain itu minyak zaitun juga mengandung asam oleat yang tahan terhadap oksidasi dan mampu memperlambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.
  5. Mencegah penyakit Alzheimer, salah satu ciri penyakit ini adalah adanya penumpukan protein beta-amiloid di neuron tertentu dalam otak. Mengonsumsi minyak zaitun dinilai dapat menjaga fungsi otak dengan mencegah penumpukan protein ini.
  6. Membantu mencegah stroke, stroke disebabkan oleh gangguan aliran darah ke otak, akibat bekuan darah atau pendarahan. Minyak zaitun adalah satu-satunya sumber lemak tak jenuh tunggal yang terkait dengan penurunan risiko stroke dan penyakit jantung.
  7. Mengendalikan kadar gula darah, mengonsumsi minyak zaitun bermanfaat untuk menurunkan risiko terjadinya diabetes.
  8. Melembapkan kulit kering, minyak zaitun mampu mengunci kelembapan kulit sehingga sering digunakan untuk perawatan kulit kering.
  9. Menjaga kesehatan mulut, minyak zaitun mengandung sifat antiradang, antioksidan, dan antibakteri. Efek ini menjadikan minyak zitun bermanfaat untuk memelihara kesehatan serta kebersihan gigi dan mulut.
  10. Mengatasi sembelit, minyak zaitun juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi sembelit karena bisa membuat tinja lebih lunak sehingga mudah dikeluarkan dari dalam tubuh.(mel)
/