Siap Hadapi Bencana, PMI Rekrut Relawan Baru

383

kabartuban.com – Sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja organisasi, Palang Merah Indonesia (PMI) Tuban merekrut anggota Korps Suka Rela (KSR) atau relawan baru di aula PMI setempat, Selasa (29/12/2015). Para relawan tersebut akan dipersiapkan untuk menghadapi bencana yang kerap terjadi di wilayah Kabupaten Tuban.

Para relawan kemudian akan mendapatkan Pendidikan dan Latihan (Diklat) dasar, diikuti sekitar 21 relawan yang berasal dari berbagai daerah di Kabupaten Tuban, terutama di wilayah rawan bencana seperti Kecamatan Widang, Rengel dan Soko.

“Para relawan baru ini bakal didiklat selama 3 hari. Mereka tidak hanya sekadar belajar teori. Namun, dua hari berikutnya relawan “anyar”  tersebut akan diterjunkan ke lapangan. Mereka akan kami lepas di lapangan untuk praktrek simulasi bencana,” kata Hendy Listyono salah satu fasilitator PMI Tuban.

Sementara itu, Kepala Markas PMI Tuban, Kusno mengatakan, dengan orientasi ini diharapkan dapat menumbuhkan keakraban sesama relawan. Wadah ini harus berkiprah sesuai bidangnya.

“Bagi relawan baru tanyakan saja sekiranya ada yang kurang paham terkait materi yang disampaikan fasilitator. Bila perlu selalu melakukan koordinasi. Sehingga, tidak ada kesalahpahaman terhadap materi yang disampaikan fasilitator pada peserta,” kata Kusno. (su/im)

/