Tanamkan Jiwa Nasionalisme, 50 Santriwati Ikuti Wasbang

768
Serma Aminto saat memberikan materi wawasan kebangsaan, Bela Negara pada 50 Santriwati Ponpes Putri An-Najihiyyah Jenu Tuban.

kabrtuban.com – Wawasan Kebangsaan adalah cara pandang mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dan sikap bangsa Indonesia yang mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Bertempat di Pondok Pesantren Putri An-Najihiyyah Desa Beji Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban, Babinsa Koramil 0811/15 Jenu, Serma Aminto memberikan materi wawasan kebangsaan (Wasbang) Bela negara kepada Santriwati Ponpes Putri An-Najihiyyah yang diikuti 50 santri, Jumat (28/7/2017).

Sebagai generasi penerus bangsa, calon pemimpin masa depan dan simpul pemersatu bangsa, serta untuk membangkitkan kembali semangat patriotisme, semangat persatuan dan kesatuan dikalangan generasi muda, Serma Aminto mengajak para santriwati untuk meningkatkan pemahaman Wasbang.

“Rasa nasionalisme dan semangat persatuan dan kesatuan yang dimiliki anak-anak bangsa sudah mulai memudar, apabila dibiarkan dapat dipastikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini akan terpecah-belah, dan pada akhirnya akan memudahkan pihak asing untuk menguasai wilayah Negara Indonesia yang kita cintai ini,” kata Serma Aminto saat memberikan materi.

Lebih lanjut dikatakan Aminto, kondisi wawasan Kebangsaan Indonesia saat ini, khususnya tentang Bela Negara sangat memprihatinkan, dan ini harus menjadi perhatian semua, sebagai generasi penerus bangsa dan negara yang tercinta ini (28/7/2017).

“Oleh karena itu kepada generasi muda sangat perlu diingatkan dan ditanamkan kembali tentang Wasbang, Bela Negara sejak dini ini dalam menghadapi Proxy War, Kebhinekaan dalam NKRI dan yang paling penting penyalah gunaan Narkoba. Hal ini penting mengingat generasi muda yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa Indonesia,” himbau Serma Aminto.

Terpisah, Danramil 0811/15 Jenu Kapten Inf Gacuk Sunarso membenarkan bahwa pemberian materi Wawasan Kebangsaan merupakan program Koramil Jenu secara bertahap dan terus menerus untuk menyiapkan generasi penerus khususnya di wilayah binaan Koramil Jenu.

“Hal ini penting, untuk menjadikan generasi penerus bangsa yang handal, yang nantinya akan benar-benar mencintai NKRI yang kita cintai ini,” kata Kapten Inf Gacuk Sunarso.

Sementara itu, pengasuh Podok Pesantren Putri An-Najihiyyah, Ustadz Umar Abdul Hasyid, memberikan apresiasi kepada Koramil Jenu yang telah memberikan materi Wasbang kepada para santrinya untuk disiapkan menjadi generasi penerus bangsa yang handal.

“Hal ini yang sangat penting, terutama untuk menjaga semangat persatuan dan kesatuan, karena cinta tanah air sebagian dari pada iman, dan bagi kami NKRI harga mati,” kata pengasuh Podok Pesantren Putri An-Najihiyyah. (Jok/Kh)

/