Terima Penghargaan dari Presiden, Bupati Nyatakan Awal Transformasi Digital di Tuban

35
Presiden Jokowi menyerahkan penghargaan SPBE Summit 2024 kepada Bupati Tuban

kabartuban.com – Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky menerima penghargaan dalam acara Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024 dan Peluncuran GovTech Indonesia untuk kategori Peningkatan Indeks SPBE Signifikan. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta Senin, (27/05/2024).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menekankan pentingnya birokrasi yang melayani dan memudahkan masyarakat. Sehingga tolok ukur keberhasilan ditentukan dari kepuasan, kemudahan urusan, dan kemanfaatan yang dirasakan masyarakat.

“Tidak boleh lagi ada sifat egosentris, tinggalkan mindset dan praktik cara lama,” tegas Jokowi.

Untuk mencapai hal ini, pemerintah fokus pada penguatan infrastruktur digital dan transformasi teknologi pemerintahan (GovTech), yang diwujudkan melalui portal terintegrasi bernama INADigital.

Bupati Tuban menyampaikan rasa terima kasihnya kepada masyarakat dan jajaran pemerintah Kabupaten Tuban. Ia menekankan pentingnya kolaborasi dan inovasi dalam meningkatkan pelayanan publik.

“Keberhasilan ini harus terus dijaga dan ditingkatkan. Sekaligus menjadi motivasi untuk memberikan pelayanan kian optimal kepada masyarakat,” tuturnya.

Pencapaian luar biasa Kabupaten Tuban terlihat dari peningkatan Indeks SPBE yang melonjak dari 2,32 di tahun 2022 menjadi 3,90 pada tahun 2023. Kepala Diskominfo-SP Tuban, Arif Handoyo, menyebut capaian ini sebagai bukti nyata komitmen Pemkab Tuban dalam mendorong transformasi digital di semua aspek pelayanan. Target awal dalam RPJMD 2021-2026 pun terlampaui jauh.

Mas Lindra, menjelaskan bahwa tantangan ke depan adalah pengembangan teknologi informasi, digitalisasi, dan penguatan SDM untuk mendukung GovTech.

“Ini menjadi langkah awal dijalankannya transformasi digital di Kabupaten Tuban,” jelasnya.

Dalam pelaksanaannya, Pemkab Tuban tidak hanya berfokus pada internal, tetapi juga bersinergi dengan program pembangunan provinsi, kementerian, dan pemerintah pusat. Kolaborasi ini diharapkan dapat membawa Kabupaten Tuban menjadi daerah yang lebih maju dan modern, sesuai dengan arahan Presiden Jokowi.

Dengan komitmen yang kuat dan kepemimpinan yang visioner, Bupati Tuban dan timnya berhasil menunjukkan bahwa digitalisasi bukan sekadar tren, melainkan kebutuhan esensial untuk kemajuan daerah. Prestasi ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain dalam mengembangkan sistem pemerintahan berbasis elektronik yang efektif dan efisien. (adv/red)

/