Lazisnu Tuban, Dropping Air Bersih Untuk Warga dan Tempat Ibadah

301
Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana Indonesia Nahdlatul Ulama LPBI NU Cabang Tuban saat mendistribusikan bantuan air bersih pada warga.

kabartuban.com -Tiap kali musim kemarau datang, sebagian wilayah di Kabupaten Tuban dilanda krisis air bersih. Tercatat di bulan September tahun ini, ada 20 Desa dari delapan kecamatan mengalami kekurangan air bersih.

Untuk meringankan beban warga yang terdampak kekeringan, Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (Lazisnu) Tuban beserta Lembaga Penanggulangan Bencana Indonesia Nahdlatul Ulama (LPB NU) Cabang Tuban mendistribusikan air bersih. Salah satu kecamatan yang diberikan bantuan, Sabtu (7/9/2019) Singgahan ada tiga titik, yakni Dusun Gegunung/Tegalrejo Desa Mulyoagung, Saringembat dan Binangun.

“Hari ini ada tiga titik di Kecamatan Singgahan, yang kebetulan kondisinya sangat membutuhkan,” kata Ketua Lazisnu Tuban, Ida Musthofa.

Mantan calon anggota legislatif (Caleg) dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menambahkan, kegiatan seperti ini akan berlanjut terus selama musim kemarau di Tuban. Selain itu, pihaknya telah meminta di setiap pengurus ranting untuk mengidentifikasi di lapangan, wilayah yang mengalami kekeringan.

“Dari pengurus di tingkat ranting, sudah kami minta tolong untuk identifikasi lapangan daerah mana yang mengalami kekeringan,” tambahnya.

Pihaknya juga berharap, kegiatan ini bisa meringankan dan memudah kan umat untuk mendapatkan air bersih, dan diprioritaskan ke tempat ibadah. Karena air menjadi satu kebutuhan penting di samping minum juga bersuci.

“Kami memang sengaja untuk sinergi bersama dengan semua lembaga, terutama yang berada dibawah naungan NU, dengan harapan hal ini bagian dari syiar NU dalam berkhitmad untuk umat,” terangnya.

Direncankan, besuk (8/9/2019) Lazisnu dan Banom NU lainnya, akan menyalurkan kembali air bersih. Target titik yang menjadi lakosi ada tiga di Kecamatan Montong, yakni Desa Tanggulangin tepatnya di Dusun Guyangan, kemudian Desa Talang kembar tepatnya di Kedung jero, dan Desa Jetak tepatnya di Dusun Kebonagung. (Dur/Rul)

Apa Komentarmu?

SHARE