Antisipasi Balap Liar, Polres Tuban Terjunkan Personel

kabartuban.com – Aksi balap liar yang sering dilakukan oleh sekelompok pemuda di beberapa tempat saat bulan ramadan ditanggapi serius oleh jajaran Kepolisian Resor (Polres) Tuban. Pasalnya, jam-jam menjelang buka puasa, masyarakat lebih aktif menghabiskan waktu di luar rumah untuk sekadar ngabuburit atau mencari ta’jil.

Kegiatan patroli yang dipimpin Kasat Sabhara AKP Chakim Amrullah bersama dengan puluhan anggota dari Satuan Lalu Lintas dan personel Satuan Sabhara tersebut menyisir beberapa tempat yang disinyalir menjadi tempat ajang balap liar.

Kegiatan patroli tersebut dilakukan antara lain sepanjang jalur Lingkar selatan Jl. KH. Hasyim Asy’ari, Jl. KH. Hasbullah Wahab serta jl. Soekarno-Hatta Tuban, seperti yang terlihat pada Sabtu sore menjelang buka puasa (17/04).

“Kita antisipasi adanya balapan liar, karena adanya keluhan masyarakat terkait balap liar ini, selain bisa membahayakan diri sendiri juga bisa membahayakan keselamatan pengguna jalan lainnya” ucap AKP Chakim.

Lanjut Chakim, kegiatan tersebut termasuk pembubaran segerombol muda-mudi yang sedang berkumpul serta diimbau untuk kembali ke rumah masing-masing dan memberikan sanksi sosial berupa push up bagi yang tidak menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi seperti sekarang ini.

Sementara itu, Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono saat dikonfirmasi menjelaskan, pihaknya akan terus menurunkan angggotanya untuk melaksanakan patroli di beberapa lokasi yang sering dijadikan tempat ajang balapan liar.

“Biasanya aksi balap liar ini kerap dilakukan para pemuda di beberapa tempat saat bulan Ramadan khususnya waktu menjelang buka puasa dan setelah sahur, kita akan laksanakan Patroli pada jam-jam tersebut,” tegas AKBP Ruruh.

Patoril yang dilakukan tersebut bertujuan untuk mencegah adanya balap liar serta mengantisipasi terjadinya laka lantas maupun tindak kriminalitas.

“Polres Tuban akan menindak secara tegas bila masih ditemukan adanya balap liar, termasuk di wilayah Polsek jajaran,” lanjut polisi asal Ngawi tersebut.

Lebih lanjut Kata AKBP Ruruh, selain melakukan patroli jajarannya juga memberikan imbauan kepada para muda-mudi agar selama bulan Ramadan ini digunakan untuk beribadah maupun kegiatan lainnya yang bermanfaat.

“Kita juga berikan imbauan agar selama bulan puasa digunakan untuk memperbanyak ibadah, hindari kegiatan seperti balap liar yang sangat membahayakan keselamatan, dan mengganggu ketertiban serta meresahkan masyarakat,” pungkasnya. (dil/im)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker