Antusias Masyarakat Tinggi Dalam Pilkades

548
Prosesi pemilihan kepala desa (Pilkades) di Desa Sumber Kecamatan Merakurak Kabupaten Tuban.

Kabartuban.com- Warga Desa Jarorejo, Kecamatan Kerek, Tuban antusias datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berlokasi di kantor desa setempt. Mereka datang berbondog-bondong dan bejubel di TPS untuk mengunakan hak pilihnya, bahkan petugas kepolisian dan Linmas yang berjaga sempat kerepotan menertibkan warga.

Camat Kerek Rohman Ubaid yang berada dilokasi pemilihan mengatakan antusias warga ini menjadi indiktor kesadaran masyarakat akan demokrasi. Apalagi panitia juga menyediakan mobil jemputan untuk warga yang rumahnya jauh dari TPS, sehingga jumlah penduduk yang tidak mengunakan hak pilihnya sangat kecil.

“Tingkat partispasi masyarakat sangat tinggi, ini karena mereka sadar pentingnya memilih kepala desa, untuk kemajuan desa kedepan,” terang Rohman Ubaid.

Semetara itu, Doyo (64), asal Dusun Simbatan, Desa Jarorejo mengatakan, ia sengaja libur sehari dari kegiatannya bertani di ladang untuk memberikan hak suaranya dan akan menunggu sampai peghitungan dilakukan, warga ini berharap calon kades dukunganya meraih suara terbanyak dan menjadi kepala desa terpilih “Libur mas mau nyoblos, semoga calon saya yang menang, “katanya.

Sementara itu, antusias manyarakat untuk mengunakan hak pilinya juga tampak di Desa Sumber, Kecamatan Merakurak, Tuban. Hal ini terbukti dengan jumlah warga  yang hadir dalam kegiatan tersebut  mencapai 94,5 persen dari jumlah total Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Warga sangat antusias sekali, yang tidak hadir cuma 59 orang saja, itupun ada satu orang yang meninggal dunia,” terang Abdul Ghofur, Ketua Panitia, saat ditemui kabartuban.com dilokasi pemilihan, Kamis (8/12).

Ghofur juga menjelaskan, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Desa Sumber sebanyak 1.073 orang, dengan 1.014 orang yang hadir dan menggunakan hak pilihnya. Dengan kalkulasi 1.007 surat suara sah dan hanya 12 surat suara yang tidak sah.

“Rata-rata surat suara yang tidak sah dikarenakan kesalahan dalam mencoblos. Ada yang dobel dan ada yang tidak dicoblos,” ujar Ghofur.

Hal senada juga dinyatakan oleh Kapolsek Merakurak, Ajun Komisari Polisi (AKP) Simon Triyono, yang turut serta mengamankan TPS di Desa Sumber. Pihaknya dibuat kagum dengan mekanisme keamanan yang ada.

“Ternyata bisa, inilah demokrasi yang sesungguhnya, masyarakat antusias dan keamanan terjaga,” imbuh Kapolsek.

Diketahui, pilkades di Desa Sumber dimenangkan oleh Cakades nomer urut 03 atas nama Suntoro, dengan perolehan sebanyak 510 suara. Suntoro mengungguli dua kandidat lainnya, yakni nomor urut 02 atas nama Darkum yang memperoleh 359 suara dan nomor urut 01 atas nama Darwanto yang memperoleh 133 suara.(Lk/din)

/