Bupati Tuban Berharap DKT Jadi Wadah Seniman Tuban

547

kabartuban.com – Dengan dibentuknya Dewan Kesenian Tuban (DKT) dan dilantiknya pengurus baru periode 2016-2021, Bupati Tuban, Fatkhul Huda berharap lembaga tersebut bisa mewadahi seluruh seniman yang ada di Kabupaten Tuban.

“Semoga bisa mewadahi semua seniman, baik itu Seni Rupa, Seni Lukis, Penyanyi, Tayub, Rodab dan seni lainnya,” ungkap Fatkhul Huda, dalam sambutannya saat membuka acara Pelantikan dan Pembukaan Art Festifal di Pendopo Krido Manunggal Tuban, Sabtu (15/10/2016).

Masih terang Fatkhul Huda, selain bisa mewadahi Seniman yang ada di Tuban, diharapkan nanti DKT juga bisa mencari bibit-bibit unggul berpotensi yang kemudian nantinya akan dikembangkan agar masyarakat dapat menikmati seni khusunya warga Tuban.

“Selain itu, kita juga harus tahu bahwasannya nenek moyang kita yaitu Sunan Kalijogo dan Sunan Bonang merupakan Seniman kelahiran Tuban, sehingga DKT harus bisa mewarisi keahlian dari tokoh yang diagungkan tersebut,” ungkapnya.

Dikatakan oleh Fatkhul Huda, meskipun DKT baru kali ini terbentuk, bukan berarti Pemerintah tidak mengurusi Seni, tapi sudah ada Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) Tuban yang selama ini  mengelola kegiatan tersebut akan tetapi belum ada wadahnya.

“Tuban banyak sekali potensi seniman, jadi PR DKT adalah mengembangkan semua sektor kesenian yang ada di Bumi Wali,” tuturnya.

Oleh karena itu, lanjut Bupati, pihaknya sangat mengapresiasi dan berterimakasih terhadap Dewan Kesenian Tuban, meskipun baru terbentuk sudah mampu membuat acara yang spektakuler karena bisa menggandeng berbagai seniman dari berbagai daerah yang ada di Tuban.

“Ini adalah hal yang luar biasa, DKT baru lahir langsung besar, bisa mengadakan acara yang spektakuler dan mandiri, Karena acara tersebut diikuti oleh Seniman dari berbagai Daerah di Kabupaten Tuban, dan dapat menyelenggarakan acara tanpa biaya sepeserpun dari Pemerintah,” pungkasnya.

Fatkhul Huda menambahkan, bertepatan dengan momentum hari jadi Tuban yang ke-723, diharapkan kedepannya Dewan Kesenian Tuban mampu melaksanakan amanah dan berperan sebagai pelopor pengembangan Seni, Budaya dan Karakter dengan penuh dedikasi, integritas dan loyalitas yang senantiasa kritis dan bertanggung jawab terhadap masyarakat Tuban. (din/har)

/