Efek Dari Gas Air Mata pada Kesehatan

63
ilustrasi

kabartuban.com – Gas air mata adalah bahan kimia yang bisa menyebabkan iritasi kulit, masalah pada mata hingga gangguan pernapasan. Gas ini biasanya digunakan untuk mengendalikan kerusuhan.

Beberapa bahan kimia yang paling umum digunakan dalam gas air mata adalah chloroacetophenone (CN)— yang merupakan polutan udara beracun, , chlorobenzylidenemalononitrile (CS), chloropicrin (PS), bromobenzylcyanide (CA) dan dibenzoxazepine (CR).

Efek gas air mata pada Kesehatan bukan hanya efek jangka pendek, tapi juga jangka Panjang, bahkan ada bukti kecacatan permanen dalam beberapa kasus.

Apa yang terjadi saat menghirup gas air mata? Paparan gas air mata dapat menyebabkan dada sesak, batuk, rasa tercekik, mengi, dan sesak nafas. Dampak paparan gas air mata lebih buruk jika terhirup oleh orang yang memeliki kondisi gangguan pernafasan seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

Orang dengan kondisi masalah pernafasan, memiliki risiko lebih tinggi mengalami gejala penyakit parah yang dapat menyebabkan gagal napas. Bukan hanya itu, paparan gas air mata dalam dosis tinggi di area tertutup dapat menyebabkan kegagalan pernafasan dan kematian.

Dampak lain paparan gas ini yang bisa terjadi adalah rasa terbakar pada mata, mulut dan hidung; Penglihatan kabur, dan sulit menelan. Gas air mata juga dapat menyebebkan reaksi alergi hingga luka bakar kimia.

Baca juga : Pria di Tuban Kedapatan Curi Onderdil, Warga Naik Pitam Hajar Pelaku Hingga Babak Belur

Apa yang harus dilakukan jika ada tembakan gas air mata?
Melansir dari laman kompas.com saat ada gas air mata ditembakkan yang perlu dilakukan adalah :

  • segera tinggalkan area dan mencari udara segar untuk menghindari menghirup gas tersebut.
  • Jika gas itu dilepaskan di luar ruangan, menjauhlah dari area di mana gas dilepaskan.
  • Hindari awan tebal dari uap gas air mata.
  • Jika pelepasan gas air mata dilakukan di dalam ruangan maka segeralah cari jalan keluar dari Gedung.
  • Jika anda berada didekat pelepasan gas air mata temukan tempat berlindung di dalam Gedung untuk menghindari terkena bahan kimia.
  • Jika merasa telah terkena gas air mata maka anda perlu melepas pakaian dan segera mencuci seluruh tubuh dengan sabun dan air, dan mendapatkan perawatan medis secepat mungkin. (nat/mel)
/