Imbas Cuaca Buruk, Harga Ikan Laut Naik

35
TPI Palang

kabartuban.com – Cuaca buruk yang terjadi akhir-akhir ini memberikan dampak besar pada nelayan dan pedagang ikan di TPI Palang, Tuban. Lonjakan harga terjadi pada penjualan beberapa jenis ikan seperti ikan tongkol, ikan kuningan, dan ikan moto ombo.

Dampak cuaca buruk berimbas pada pada jumlah hasil tangkapan ikan, sehingga mengakibatkan penurunan stok penjualan yang signifikan bagi para pedagang di TPI tersebut.

Namun alih-alih menurun, jumlah pengunjung yang tertarik untuk membeli ikan di TPI justru mengalami peningkatan. Situasi ini menyebabkan konsumen sering kali kecewa karena stok ikan yang sering habis di pasar.

“Ikan tongkol, cumi, kuningan, gitu-gitu itu harganya naik, tapi peminatnya bertambah, kadang malah ada yang gak kebagian,” ujar Ika, salah satu pedagang di TPI Palang saat wawancara dengan kabartuban.com (23/02/2024).

baca juga: Harga Sembako Meroket, Pedagang Resah Penjualan Menurun

Menurut Ika, harga ikan yang biasanya Rp20 ribu per kilogram kini naik menjadi Rp26 ribu per kilogram. Lonjakan harga ini sudah terjadi sejak bulan Januari lalu dan diprediksi akan kembali normal setelah perayaan Idul Fitri. (aza/zum)

/