Jama’ah Sholat Idul Fitri Masjid Agung Meluber Hingga Penuhi Alun-alun

48

kabartuban.com – Gema Takbir mengumandang di bumi Tuban, hari ini seluruh masyarakat Indonesia merayakan Hari Raya Idul Fitri. Suasana Idul Fitri terlihat jelas di pusat kota Tuban, khususnya di alun-alun kota yang penuh dengan masyarakat yang melaksanakan sholat idul fitri. Berpusat di Masjid Agung Tuban, jama’ah sholat Idul Fitri meluber hingga ke seluruh area alun-alun Tuban. Ketua PCNU Tuban KH. Damanhuri bertindak sebagai imam dan khotib pada sholat Idul Fitri tahun ini, Rabu (10/4/2024).

“Hari ini adalah idul fitri, dimana semua umat Islam yang telah tuntas melaksanakan ibadah di bulan Ramadan melaksanakan hari raya dan meraih kemenangan,” kata Kyai Damanhuri mengawali khotbahnya.

Sementara itu, salah satu warga yang melaksanakan sholat Idul Fitri di alun-alun Tuban mengatakan cukup senang dapat beridul fitri di Masjid Agung lantaran suasana di kota Tuban yang cukup legendaris dan tidak bisa tergantikan dengan suasana di kota lain.

“Saya kerja di luar kota dan pulang lebaran ini. Tuban tak tergantikan meskipun kita jauh di mana pun, termasuk melaksanakan sholat di Masjid Agung ini,” kata Salman, warga Tuban yang mudik dari Jakarta.

Suasana Idul Fitri saat ini cukup ramai, salah satunya karena faktor kebersamaan perayaam Idul Fitri 1445 H tahun ini, dimana tidak ada perbedaan dalam penentuan Hari Raya Idul Fitri oleh Pemerintah, Ormas Muhamadiyah dan Nahdlatul Ulama. (bed/im)

/