Komoditi Bawang Merah Tembus Harga Rp70 Ribu Per Kg

238
Salah satu pedagang di Pasar Besar Tuban melayani pelanggannya. Harga bawang merah melambung sejak dua pekan lebih.(hin)

kabartuban.com – Sudah hampir dua pekan lebih harga komoditas bawang merah naik hingga tembus Rp70 ribu perkilonya, adapun sebelumnya harga bawang merah memang naik, namun hanya pada angka Rp40 ribu perkilonya.

Dari pantauan reporter kabartuban.com di lapangan, dikonfirmasi bahwa beberapa pedagang nampak kompak menjawab bahwa harga bawang merah mengelami kenaikan yang cukup signifikan.

Dokumentasi bawang merah di pasar baru Tuban

Salah satunya adalah Atun (55) pedagng sayur di Pasar Besar Tuban yang mengaku turut menjual bawang merah di harga Rp70 ribu perkilonya.

“Iya betul naik sampai Rp70 ribu perkilonya dan cukup lama ini udah 2 mingguan lebih nggak turun-turun,” ucapnya saat ditemui di lapak kiosnya, Senin (11/07/2022).

Menurutnya, kenaikan komoditi bawang merah tersebut naik secara bertahap yaitu mulai dari Rp40 ribu hingga Rp50 ribu perkilonya. Hingga saat ini komoditi bawang merah menembus angka Rp70 ribu perkilonya.

Baca Juga: Tingkatkan Inovasi, UMKM di Tuban Ini Produksi Telur Asin Kukus

Lanjut Atun, kenaikan pada komoditi bawang merah yang cukup signifikan ini merupakan kali pertama sepanjang ia berjualan di Pasar Besar Tuban.

“Memang baru kali ini saya temui harga bawang merah naik segitu. Salah satu faktornya mungkin karena hasil panen petani sedikit jadi mahal sekali,” bebernya.

Ditemui di tempat yang sama, Ayu (29) warga Desa Sukolilo ini mengaku dirinya mengurangi porsi pembelian bawang merah lantaran harganya yang dinilai cukup tinggi.

“Dikurangi saja sih untuk porsinya karena memah lagi naik. Entahlah tunggu turun nanti saya beli normal,” ucap Ayu (29).

Dalam kesempatan tersebut, baik pedagang maupun pembeli berharap situasi ini tidak berlangsung lama dan bisa kembali normal seperti sebelumnya. (hin/dil)

/