Masyarakat Antusias Ikut Festival Gogo Ikan 2024 di Soko

kabartuban.com – Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (DKP2P) Kabupaten Tuban bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Soko dan Pemerintah Desa Sandingrowo menggelar Festival Gogo Ikan 2024 pada Rabu, (11/09/2024).

Sebanyak 1.500 peserta dari berbagai desa mengikuti Festival Gogo Ikan yang diadakan di lapangan Desa Sandingrowo. Acara ini juga dihadiri oleh Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzki, yang ikut terjun ke lapangan untuk melepas ikan lele jumbo sebagai simbol dimulainya festival.

Dalam sambutannya, Bupati Tuban menyampaikan apresiasinya atas antusiasme masyarakat yang begitu besar dalam mengikuti Festival Gogo Ikan. Banyaknya peserta dinilai mampu membantu menggerakkan roda perekonomian warga setempat.

“Ini bisa menjadi salah satu kegiatan yang diusulkan untuk masuk dalam kalender wisata Kabupaten Tuban,” ungkap Lindra.

Lindra juga menambahkan bahwa Festival Gogo Ikan tak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai sarana edukasi bagi masyarakat mengenai potensi perikanan di Kabupaten Tuban. Acara ini diharapkan dapat mengoptimalkan potensi budidaya ikan, yang pada akhirnya berdampak positif terhadap peningkatan ekonomi masyarakat.

“Selain menjadi event hiburan masyarakat, kegiatan ini juga memberikan edukasi mengenai budidaya perikanan, khususnya budidaya ikan lele,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP2P) Kabupaten Tuban, Eko Julianto, menyebutkan bahwa Kabupaten Tuban memiliki potensi besar dalam sektor perikanan. Produksi perikanan di Kabupaten Tuban terus meningkat, dengan catatan pada tahun 2022 mencapai 33,1 ribu ton dan meningkat menjadi 34,4 ribu ton pada tahun 2023.

“Dari total produksi, budidaya ikan lele menyumbang sekitar 31,06 persen,” jelasnya. Mengingat potensi ini, DKP2P Tuban menetapkan ikan lele sebagai salah satu bahan pangan utama dalam program percepatan penurunan stunting.

Pada acara tersebut, Bupati Tuban juga menyerahkan santunan Jaminan Kematian dari BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris. Selain itu, diserahkan sertifikat Hak Atas Tanah Pembudidaya Ikan dan bantuan paket budidaya lele kepada masyarakat. Sebelumnya, 70 paket makanan bergizi juga diberikan kepada calon pengantin, calon ibu, serta warga yang berpotensi stunting. (fah/zum)

Populer Minggu Ini

Warga Panyuran Resah, Pencurian Sapi Berulang Terjadi dalam Dua Bulan

kabartuban.com – Warga Kelurahan Panyuran, Tuban, kembali dibuat resah...

Projo Tuban Nyatakan Dukungan Kepada Ra-Fi di Pilkada 2024

kabartuban.com - Organisasi Masyarakat Pro Jokowi (Projo) Tuban pagi...

BMKG Deteksi Dua Siklon Tropis di Wilayah Indonesia

kabartuban.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan...

Api Bekas Pembakaran Sampah Melahap Sebagian Rumah dan Kendaraan di Kutorejo

kabartuban.com - Sebuah rumah di Kelurahan Kutorejo, Kecamatan Tuban,...

Kejari Tuban Usut Kasus Dugaan Korupsi Alat Pompa Air Poktan APBD 2017

kabartuban.com - Setelah menerima pengaduan terkait dugaan tindak pidana...
spot_img

Artikel Terkait