Mudahkan Masyarakat, Polres Tuban Luncurkan Aplikasi “SIBI”

1179

kabartuban.com – Kepolisian Resort (Polres) Tuban meluncurkan aplikasi pengaduan masyarakat secara realtime berbasis Android. Aplikasi yang diberi nama Sistem Siaga Bumi Wali (SIBI) secara resmi diluncurkan oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jendral Polisi Tito Karnavian, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) di Mapolres Sidoarjo, Kamis (1/9/2016).

“Aplikasi ini untuk mempermudah masyarakat Tuban dalam mendapatkan pelayanan dari Polres Tuban,” terang Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad, kepada kabartuban.com.

Masih terang Fadly, aplikasi SIBI yang berbasis Android tersebut bisa diunduh langsung di Google Play Store dengan mengetikan kata kunci “SIBI Polres Tuban”. Sehingga semua kalangan masyarakat bisa memanfaatkannya. Melalui aplikasi ini, masyarakat bisa melihat kondisi jalur lalulintas dibeberapa daerah Kabupaten Tuban.

“Selain itu, masyarakat juga bisa melaporkan apapun seperti kecelakaan, tindakan kejahatan, atau kejadian apapun secara langsung kepada pihak kepolisian,” pungkasnya.

Dikatakan oleh Fadly,  dengan kehadiran aplikasi ini masayarakat diharapkan bisa memanfaatkan dengan baik, sehingga bisa memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dari kepolisian, dan  masyarakat bisa merasa aman.

“Jika ada kejadian seperti kecelakaan lalulintas masyarakat bisa menekan Panic Button yang ada di aplikasi itu. Kurang dari lima menit petugas kepolisian akan datang ke lokasi kejadian,” jelas Fadly.

Tidak hanya itu, Fadly melanjutkan, aplikasi berbasis Android tersebut juga dilengkapi dengan 13 unit perangkat kamera yang sudah bisa dipantau secara online yang diletakkan disejumlah titik perkotaan, jalur pantura dan dan kawasan hutan jati peteng.

“Dari ke 13 CCTV itu terpasang di pusat perkotaan dan ada tambahan 1 yang sudah aktif yakni dikawasan pantura jati peteng, selain itu juga ada perpanjangan SIM online,” tambahnya.

Diketahui, launhcing SIBI tersebut diikuti oleh Kapolda Jatim, Gubernur Jatim Menteri PAN-RB dan tujuh jajaran Polres di Wilayah Jawa Timur, ke tujuh polres itu adalah Polres Sidoarjo, Gresik, Malang Kota, Jember, Lamongan, Bojonegoro, dan Tuban. (har)

/