Pemkab Tuban Siapkan Rp 10 M, Untuk Entas Kemiskinan

419

Budi Wiyana (2)kabartuban.com – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Tuban, menyiapkan dana sekitar Rp. 10 Milyard lebih untuk Program pengentasan masyarakat miskin (MASKIN) atau program Gerakan Bersama Membantu Masyarakat Miskin “GEMA TUMASKIN” yang secera serentak akan dilaksanakan pada 28 Nopember 2013 ini, sebagai stimulus, stakeholder lain agar juga diharapkan ikut mensukseskan program tersebut.

Dana yang diambilan dari anggaran pemerintah daerah atau dalam P-APBD (perubahan anggaran pendapatan belanja daerah) Tahun 2013 ini akan diberikan pada sejumlah wilayah/desa yang masuk dalam kategori desa binaan dan jumlah masyarakat miskin-nya masih tinggi, baik dalam bentuk program pemberdayaan atau bantuan tunai sebagai rangsangan maskin agar berdaya.
“Kita tidak bisa sendiri menyelesaikan problem kemiskinan ini, oleh karena itu dana dari P-APBD ini sebgai stimulus, dan tahun 2014 juga akan kita tambahkan lagi, selian kita tetep berharap kepedulian semua stakeholder terutama perusahan juga ikut mensukseskan program ini” Kata Kepala Bappeda Kabupaten Tuban Ir. Budi Wiyana, M.Si.
Lebih lanjut diterangkan program-program yang nantinnya akan dilakukan secara serentak ini ada yang bersifat stimulus bantuan modal usaha, penigkatan infrasteruktur, hingga program yang bersifat emergensi, seperti pemeberian natura pada orang lanjut usia dan cacat. (Lihat Tabel)
“Kemiskinan tidak lagi dipahami hanya sebatas kemampuan ekonomi, tapi juga tidak terpenuhinya hak-hak dasar, seperti kebutruhan pangan, kesehatan, pendidikan, perumahan, air bersih dll adalah bagian dari kemiskinan” terang Ir. Budi Wiyana, M.Si.

tabelgematumaskin

Terkait dengan program tersebut, sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) seperti Forum Indonesia Untuk Trasparansi Anggaran (Fitra) Jatim, Tuban Crisis Center (TCC), LSM Yanata sangat apresiasi dengan program tersebut. Bahkan seperti CCT dan LSM Yanata berharap suport dari perusahan untuk Gema Tumaskin agar diluar CSR yang menjadi kewajiban perusahaan.
“Ide pemerintah ini bagus, dan kami yang ada diluar sistem sangat respek. Akan tetepi alangkah lebih bagus-nya lagi kalau dukungan dan suport dari perusahan utamanya, itu kalau bisa diluar CSR, selain sosialiasi oleh Tim harus dimaksimalkan” Kata Nasirul Ummam dari TCC dan Muhtarom dari LSM Yanata.
Sementara itu, Ahmad Dakelan Koordinator Fitra Jatim selain mengapresiasi program pengentasan kemiskinan tersebut, juga berharap agar program tersebut dilakukan secara trasparan dan melibatkan semua stakeholder.
“Intinya kita apresiasi program itu, cuma harus benar-benar efektif untuk mengurangi kemiskinan di kabupaten melalui pelibatan semua stakeholder dan memanfaatkan sumberdaya yang ada, untuk untuk di ketahui data dana CSR dari semua perusahan dituban tahun 2011 sebanyak Rp. 168 Milyar ” Kata Koordinatoer Fitra Jatim saat dikonfirmasi Kabartuban.com. (kh)