Pemkab Tuban Hentikan Release Data Covid-19 untuk Publik

kabartuban.com – Pada tanggal 11 Juli 2021, Pemkab Tuban melalui akun instagramnya memberikan informasi bahwa update peta sebaran Covid-19 tidak lagi dibawah kewenangan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tuban. Kepala Diskominfo Kabupaten Tuban, Arif Handoyo setelah dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Pasalnya, peralihan informasi sebaran Covid-19 yang awalnya di bawah kewenangan Diskominfo, kini dialihkan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban.

Arif Handoyo menjelaskan, hal tersebut dilakukan setelah mendapat kesepakatan dari Gugus Tugas Covid-19Kabupaten Tuban untuk  memusatkan data sebaran Covid-19 ke Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban.

“Untuk update sebaran Covid-19 sesuai kesepakatan gugus tugas Covid-19 dipusatkan ke Dinkes. Karena di Dinkes lebih detail sampai dengan kondisi BOR, pasien yang dirawat, dan lain sebagainya,” jelas Arif Handoyo, pada wawancara singkat dengan reporter media ini, Selasa (31/08/2021).

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, Bambang Priyo Utama, mengatakan, data sebaran Covid-19 dialihkan ke Dinkes Tuban melalui rilis di laporan Camat, Babhinsa, dan Bhabinkamtibmas.

“Kita rilis di laporan para camat, babhinsa, dan juga bhabinkamtibmas. Karena ini untuk kepentingan 3T,” jelasnya.

Keputusan peralihan data sebaran Diskominfo ke Dinkes rupanya mendapatkan kritik dari masyarakat. Pasalnya, hal tersebut membuat data sebaran Covid-19 tidak terlihat transparan dan masyarakat kesulitan mendapat update terbaru tentang perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Tuban.

“Dulu bisa lihat updatenya di instagram Pemkab Tuban, sekarang jadi susah mau lihat updatenya,” jelas Kody (29), salah satu warga Tuban.

Diketahui, peta sebaran Covid-19 di Kabupaten Tuban pada tanggal 30 Agustus 2021 pukul 12.00 WIB, kasus terkonfirmasi positif baru 2 orang, terkonfirmasi sembuh 9 orang, dan terkonfirmasi meninggal nihil.

Untuk jumlah total kumulatif, yang terkonfirmasi positif 7.194 orang, terkonfirmasi sembuh 6183 orang, terkonfirmasi meninggal 916 orang dan terkonfirmasi masih dirawat atau dipantau 95 orang.

Dari ratusan pasien yang masih dirawat, 12 orang berada di RSUD Koesma, RSNU 1 orang, RS Medika 2 orang, RSAM 4 orang, RS luar Tuban 38 orang dan yang di lokasi Isolasi Terpadu (Isoter) 37 orang dan Isolasi Mandiri (Isoman) 1 orang. (dil)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close