Pengurus Baru PWI Tuban Resmi Dilantik di Pendopo Kabupaten

10
pelantikan PWI Tuban

kabartuban.com- Jajaran pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tuban periode 2022-2025 resmi dilantik di Pendopo Krido Manunggal Tuban, Rabu (23/03/22).

Pelantikan pengurus dilakukan oleh Wakil Bidang Organisasi PWI Jatim, Machmud Suhermono dan disaksikan langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si., pimpinan OPD, perusahaan, perbankan, dan organisasi kepemudaan dan masyarakat.

Pelantikan pengurus menjadi rangkaian peringatan Hari Pers Nasional tahun 2022. Sekaligus penghargaan dari PWI Kabupaten Tuban.

Dalam sambutannya, Sekda Tuban, Budi Wiyana mengungkapkan PWI menjadi mitra dalam pembangunan di Kabupaten Tuban. Keterlibatan PWI bukan hanya dalam hal pemberitaan, tetapi mampu menyentuh semua aspek utamanya pembangunan di Kabupaten Tuban. “Kerjasama sinergis dapat ditingkatkan dengan berbagai inovasi,”ungkapnya.

Lebih jauh Budi menjelaskan, PWI diharapkan mampu mendistribusikan informasi dengan mencakup semua aspek. Insan pers berperan dalam menggali potensi tiap wilayah di Kabupaten Tuban melalui permainan. Mengingat, pers menjadi perpanjangan aspirasi masyarakat.

Sekda Tuban dijelaskan pers memiliki tugas sebagai pengawas dan kontrol sosial. Karenanya, Pemkab Tuban siap menerima masukan, kritik, maupun rekomendasi atas program pembangunan yang ada. Dengan demikian, Kabupaten Tuban dapat bersaing dengan pemerintah kabupaten/kota lainnya. “Tujuan akhirnya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,”tuturnya.

Budi juga mengapersiasi atas terselenggaranya workshop bertema ‘Industri di Tuban untuk Siapa?’. Menurutnya, tema tersebut sangat strategis perkembangan industri Kabupaten Tuban. Selain untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, juga menjadi wahana guna mempersiapkan kesiapan Pemkab dan masyarakat dalam menyongsong perkembangan Kabupaten Tuban sebagai kawasan industri. “Kami harap teman-teman PWI dapat membantu Pemkab Tuban dalam mengedukasi masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Tuban, Suwandi menjelaskan bahwa ia punya komitmen memimpin PWI menjadi yang lebih baik lagi. sangat mendukung SDM yang unggul, baik pengurus maupun anggota. “Kita siap bersinergi dan berkegiatan bersama masyarakat, Pemkab Tuban, dan pemangku kepentingan terkait,” ujarnya.

Dukungan yang dilakukan PWI Tuban, lanjut Suwandi, bukan sebagai bentuk ‘penyerangan’. Kritik yang disampaikan semata-mata agar tercipta perbaikan yang dibutuhkan.

Suwandi mengatakan berbagai kegiatan penyelenggaraan PWI Tuban pada peringatan HPN 2022. Kegiatan tersebut bukan semata-mata berkaitan dengan kerja jurnalistik. Lebih dari itu, anggota PWI juga menggelar donor darah, penyuluhan kesehatan tentang stunting, pengobatan gratis, dan mendukung program vaksinasi di Kabupaten Tuban. (nat)

/