Pertamina EP Akan Work Over Sumur Tapen 3

458
Sumur Tapen 3 di Desa Sidoarjo, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban.

kabartuban.com- Untuk meningkatkan produksi minyak mentah dilapangan Tapen, yang berada di Desa Sidoarjo, Kecamatan Senori, Tuban. Pertamina Eksplorasi Produksi (Pertamina EP) berencanan melakukan Work Over (kerja ulang) pada sumur Tapen 3 yang sebelumnya kurang ekonomis karena cadangan minim. Langkah ini dilakukan untuk memaksimalkan potensi cadangan minyak yang ada dalam sumur.

“Pada sumur tapen 3 hanya Kerja ulang, ini untuk mencari cadangan pada lapisan diatasnya,” kata Field Manager, Pertamina EP Agus Amperianto (31/3/2017).

Agus menjelaskan, sumur Tapen 3 memiliki kedalaman mencapai 1.500 meter, dengan kedalaman itu, Work Over nantinya akan menaikan kedalaman pada posisi diatasnya.  Harapanya dengan kerja ulang ini ditemukan cadangan lebih ekonomis pada lapisan atas. “Kita optimis masih berpotensi,” kata Agus.

Untuk diketahui, pemboran sumur tapen 3 sebenarnya sudah dilakukan sejak lama oleh Pertamina EP, namun dalam sumur tersebut tidak ditemukan cadangan sebagaimana diharapkan, sehingga proses tidak dilanjutkan dengan pertimbangan nilai ekonomis.

“Dengan proses kerja ulang ini diharapkan cadangan pada lapisan diatasnya lebih bernilai ekonomis,” imbuh Agus.

Diberitakan sebelumnya, disamping melakukan kerja ulang pada sumur Tapen 3, Pertamina EP juga akan melakukan pemboran dua sumur sekaligus di lapangan Tapen,  pemboran sendiri akan dilakukan di kompleks sumur Tapen 1 yang lokasinya di Desa Sidoarjo. (Luk)

/