Ratusan Sopir dan Kernet Angkutan Umun di Tes Urine

115
Petugas dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten Tuban saat mengumpulkan sample urine sopir angkutan umum di Terminal Kambang Putih Tuban.

kabartuban.com – Sejumlah sopir dan kernet kendaraan angkutan umum yang melewati kawasan Terminal baru Kembang Putih Tuban mengaku kaget saat mereka di giring ke dalam terminal untuk dilakukan tes urine oleh petugas Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) setempat.

Operasi gabungan yang digelar oleh BNNK ini juga melibatkan anggota Polres, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban, dalam rangka operasi simpatik bebas narkoba dan persiapan menjelang mudik lebaran idul Fitri 1440 Hijriyah, Sabtu (25/5/2019).

“Tadi sempat kaget mas, kok di masukan ke dalam terminal, ternyata di tes urine,” kata Pranoto sopir truk box yang bertujuan menuju Surabaya.

Pantauan di lapangan, selain melakukan tes urine, kegiatan itu jajaran Polres dan Dishub Tuban juga memeriksa barang-barang milik penumpang, kelengkapan-kelengkapan kendaraan serta kelayakan kendaraan jelang mudik.

Kepala BNNK Tuban, AKBP I Made Arjana saat dikonfirmasi  menyampaikan, operasi ini dilaksanakan dalam rangka untuk memberikan rasa aman dan keselamatan kepada penumpang menjelang arus mudik. Selain itu juga kegiatan ini bersifat preventif atau pencegahan terhadap peredaran narkoba.

“Ada 100 sampling pengemudi angkutan umum yang kita lakukan tes urine, dan hasinya negatif semua,” jelas Kepala BNNK Kabupaten Tuban.

Sementara itu, Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono menambahkan, dalam kegiatan ini selain pengemudi dan kondektur di tes urine. Barang bawaan penumpang, surat-surat dan kelayakan kendaraan juga dilakukan pengecekan.

“Kita juga melakukan pengecekan terhadap barang bawaan penumpang, surat-surat kendaraan serta kelayakan kendaraan. Dan hasilnya tidak ditemukan barang-barang yang mencurigakan,” pungkas Kapolres Tuban. (Dur/Rul)

/