Ribuan Masyarakat Tuban Tumpah di Jalur Karnaval Kemerdekaan

443

kabartuban.com – Pawai Karnaval peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, di Kabupaten Tuban berlangsung meriah. Acara yang start sekitar pukul 12 siang itu menyedot perhatian ribuan warga Tuban hingga padat dan tumpah di jalur yang menjadi lintasan rombongan peserta Pawai.

Pantauan kabartuban.com di Jalan Basuki Rahmad Tuban, warga sudah mulai bersiap menunggu peserta melintas sejak sekitar pukul 12 siang. Sekitar pukul 14.00 peserta pertama yang melintas membuat jalan utama kota itu semakin padat hingga beberapa gang yang ada di jalan itu tutup oleh banyaknya penonton.

Septa, salah satu warga mengatakan, dirinya mengaku kesulitan melihat peserta karnaval lantaran banyaknya penonton yang melihat jalannya kegiatan.

“Saya datangnya telat, ini baru nyampe ternyata disini sudah penuh,” kata Septa yang ditemui kabartuban.com di Jalan Basuki rahmad.

Sementara, Masrondi, salah satu tenaga pendidik, asal SMK Abdi Negara yang sekaligus koordinator peserta dari sekolah itu mengatakkan, SMK Abdi Negara menyertakan 97 siswanya untuk meramaikan karnaval kemerdekan tahun ini. Dengan mengusung tema Umbul-umbul blambangan Banyuwangi, lembaga pendidikan yang ada di jalan Dr Wahidin itu berangkat dengan nomor urut 12.

“Ngangkat tema budaya Banyuwangi, Kami membawa tari Gandrung Blambangan Banyuwangi. Tema yang kami usung selalu ganti, sebelum ini kami juga mengusung tema Hanuman Obong, tahun sebelumnya Reog Ponorogo, tujuan kami tentu mengenalkan keanekaragaman budaya bangsa in,” Kata Rondi.

Adapun, karnaval pelajar itu start dari Alun-Alun Tuban, melewatu sejumlah jalan dalam kota dan finish di Gedung Olahraga (GOR) Rangga Jaya Anoraga Tuban.(Luk)

/