Tak Penuhi Pagu, SMA/SMK Buka Kembali PPDB

917
Sejumlah guru yang juga menjadi operator saat menerima dan melayani calon peserta didik baru yang daftar langsung ke sekolah.

kabartuban.com- Sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuaran (SMK) di Kabupaten Tuban, yang belum memenuhi pagu peserta didik pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), secara online yang dilaksanakan mulai 3 hingga 6 Juli ini akan membuka kembali pendaftaran.

“Insya Allah senin besok akan dibuka lagi, tata caranya juga sama masih online,” ujar Kepala Sekolah SMKN 3 Tuban Sucipto (08/07/2017).

Menurut Sucipto, sekolahnya (SMKN 3) juga termasuk satu dari sekolah di Tuban yang belum terpenuhi pagu peserta didiknya. Ada tiga jurusan yang masih kekurangan peserta, yakni jurusan Tata Boga 7 kursi, Analisis Pengujian Laboraturium 7 kursi dan Teknik Pendingin Tata Udara sebanyak 18 kursi.

“Tiga kompetensi ini yang senin besok akan kita buka kembali, untuk memenuhi pagunya,” jelas Sucipto.

Sementara itu, Joko Humas SMAN Montong, yang dikonfirmasi kabartuban.com soal pagu peserta didiknya, juga menyatakan hal serupa, sekolah negeri ini masih kurang pagu peserta, dari total pagu sebanyak 108 kursi hanya terisi 92 saja artinya masih ada kekurangan 16 dan akan dibuka pendaftaran kembali untuk pemenuhan itu.

“Soal perpanjangan pendaftaran ini kami masih menunggu petunjuk dan arahan dari Dinas Pendidikan Provinsi,” terangnya.

Tahun sebelumnya perpanjangan pendaftaran peserta didik juga dilakukan bagi sekolah yang belum memenuhi jumlah sesuai pagu.

Adapun untuk penambahan ini dilakukan bebas zonasi, semua calon peserta didik bebas memilih sekolah dimanapun, sementara siswa yang sudah terdaftar disekolah secara otomatis akan terkunci oleh sistem, sehingga tidak dapat berpindah atau daftar lagi disekolah yang kekurangan pagu. (Luk)

/