Tiga Masjid di Tuban Raih Penghargaan Anugerah Masjid Award 2024

kabartuban.com — Tiga masjid di Kabupaten Tuban berhasil meraih penghargaan bergengsi dalam ajang Anugerah Masjid Award Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Jawa Timur di Islamic Center Surabaya.

Ketiga masjid itu adalah Masjid KH. Hasyim Asy’ari Tuban yang meraih Juara 1 dalam kategori Masjid Rest Area Terbaik, Masjid Besar Baiturrohim Kecamatan Soko mendapatkan Juara 2 kategori Masjid Besar Terbaik, dan Masjid Agung Kabupaten Tuban dianugerahi Juara Harapan 2 untuk kategori Masjid Agung Terbaik se-Jawa Timur.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten (Kemenag) Tuban, Umi Kulsum menyampaikan rasa bangganya atas pencapaian tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi penghargaan ini, karena masjid saat ini tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga berperan sebagai pusat peradaban dan pendidikan bagi umat,” ujarnya saat dihubungi melalui telepon, Kamis (24/10/2024).

Umi juga menekankan pada pentingnya harmoni antar umat beragama, terutama di wilayah-wilayah yang masjidnya memiliki lokasi yang berdampingan dengan tempat ibadah agama lain.

“Kami terus berupaya meningkatkan sinergi dengan berbagai pihak, termasuk DMI, LTMNU dan pemerintah daerah, untuk melakukan pembinaan di semua tingkatan masjid, baik dari sisi imaroh, idharoh, dan lainnya,” tambahnya.

Ia berharap penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi masjid lainnya untuk lebih berperan aktif dalam mendukung kemajuan umat.

Kasi Bimas Islam Kemenag Tuban, Mashari yang ditemui secara terpisah, menjelaskan bahwa penghargaan ini diberikan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono kepada 33 masjid terbaik di Provinsi yang ia naungi.

“Penghargaan ini menunjukkan kepedulian terhadap para Imam, Takmir, dan Marbot Masjid di Jawa Timur. Bahkan, Jawa Timur adalah satu-satunya Provinsi yang memberikan tunjangan khusus kepada Imam Masjid,” jelasnya.

Ia berharap penghargaan ini dapat menambah semangat bagi semua pihak untuk terus memakmurkan masjid dan meningkatkan kesejahteraan jemaah. (fah/za)

Populer Minggu Ini

Prakiraan Cuaca Kabupaten Tuban pada Minggu, 27 Oktober 2024

kabartuban.com -- Menyambut akhir pekan yang akan tiba, penting...

Motto Daerah Jadi Visi Misi Paslon, KPU Tuban: Tidak Ada Regulasi yang Dilanggar

kabartuban.com -- Bersama dengan Kepala Bagian Hukum Kabupaten Tuban,...

Dua Oknum Kepolisian Dilaporkan Atas Dugaan Aktivitas Tambang Yang Janggal

kabartuban.com -- Dua Anggota Kepolisian yang diduga merupakan penggerak...

Kabag Hukum Kabupaten Tuban Penuhi Panggilan Bawaslu Untuk Klarifikasi

kabartuban.com -- Masih terus berlanjut, kali ini Badan Pengawas...

Damkar Tuban Evakuasi Ular Piton 4,5 Meter Yang Buat Resah Warg

kabartuban.com -- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan...
spot_img

Artikel Terkait