Tuban Jadi Prioritas Kemenangan PDI-P Pada Pilkada Serentak 2020

5

kabartuban.com – Kabupaten Tuban menjadi salah satu daerah prioritas kemenangan untuk partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) pada Pilkada serentak 2020.

Hal itu ditegaskan, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai PDI-P Hasto Kristiyanto

ketika menghadiri Konsolidasi Internal DPC PDI-P Tuban dalam rangka pemenangan Pilkada serentak, dilaksanakan di salah satu hotel di jalan Basra Tuban, Senin, (9/12/2019).

Ia menjelaskan kedatangan ke Tuban untuk melakukan konsolidasi internal partai dalam rangka pilkada serentak. Sebab, daerah Tuban menjadi salah satu daerah prioritas untuk dimenangkan partai belambang banteng tersebut didalam Pilkada tahun depan.

“Tuban menjadi bagian prioritas untuk kami menangkan, makanya kita lakukan rekrutmen secara terbuka,” jelas Hasto dihadapan para awak media.

Selain itu, ia mengungkapkan Pilkada merupakan momentum untuk membuktikan bahwa mekanisme kelembagaan partai dalam menyiapkan pemimpin semakin baik dan terus diperbarui.

Selanjutnya, Hasto menjelaskan setiap calon harus mengikuti psikotes dan kemudian sekolah para calon kepala daerah. Hal itu disiapkan untuk mematangkan aspek-aspek kepemimpinan calon untuk membawa harapan perubahan, mengambil inti sari dari daerah-daerah lain, memahami politik anggaran yang tujuannya untuk  mewujudkan masyarakat sejahtera dan berkeadilan.

“Itu yang menjadi komitmen PDI-P, maka kami siapkan (calon kepala daerah, red) dengan baik,” terang Sekjen PDI-P.

Lebih lanjut, Hasto menegaskan saat ini PDI-P telah menyiapkan lembaga survei untuk menentukan rekomendasi calon bupati dan wakil bupati Tuban pada Pilkada Tuban 2020. Sejumlah nama calon yang mengikuti penjaringan akan disurvei, sebelum kemudian diputuskan sebagai penerima rekomendasi.

“Para calon akan dilakukan evaluasi. Kemudian dilakukan survei dan selesainya pada tanggal 20 Desember 2019. Awal Januari sudah muncul rekomendasi. Sebagai target kita ingin mencalonkan bupati, tetapi yang menentukan adalah rakyat. Maka nanti kita lihat dulu,” tegas Hasto.

Pemberitaan sebelumnya, ada delapan nama yang mengikuti penjaringan lewat PDIP guna maju di Pilkada Tuban 2020. Diantara Eko Wahyudi Ketua Arus Bawah Jokowi Tuban, Adi Widodo, Setiajit Kepala ESDM Jatim, dan Agus Maimun Ketua Karang Taruna Jatim.

Kemudian ada Afwan Maksum mantan DPRD Jatim dari PDI-P, Gatot Prayogo, Mohammad Imam Solikin pengusaha, Warih Satria Setiawan, Muchamad Chamim, dan Gunawan bendahara Gerindra.

Selanjutnya ada Suryo Widodo, Raymond Inti Wirawan, Santoso, Yasmiatun, Sujali, Aang Sutam, dan Fredy Ardliyah Syah putra Bupati Tuban H. Fathul Huda, serta Amir Burhanuddin Sekretaris PSSI Jatim. (Dur)

/