Tuban Siapkan Empat Rumah Sakit Penyangga Tangani Corona

3
Foto Dok. Diskominfo Tuban

kabartuban.com – Sebagai langkah antisipasi Pemkab Tuban dan mendukung fungsi RSUD dr. R. Koesma Tuban sebagai Rumah Sakit rujukan penanganan kasus Covid-19 di Jawa Timur, Pemkab Tuban telah menyiapkan ruang isolasi di Rumah Sakit penyangga. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Tuban H. Fathul Huda di Mapolres Tuban, sekaligus menyampaikan pernyataan resmi setelah Kabupaten Tuban ditetapkan sebagai zona merah Covid-19, menyusul terkonfirmasinya dua orang warga Tuban yang dinyatakan positif Virus Corona, Kamis (09/04/2020).

Rumah Sakit penyangga yang disampaikan Bupati Huda diantaranya, adalah RSUD Ali Mansur Jatirogo, Rumah Sakit Nahdlatul Ulama, Rumah Sakit Medika Mulya dan Rumah Sakit Surya Medika di Desa Gesing, Kecamatan Semanding.

“Kita siapkan ruang isolasi di Rumah Sakit penyangga, seluruh kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) untuk penanganan COvid-19 akan dicukupi Pemkab Tuban. Alat medis dan APD tersebut akan didistribusikan ke seluruh Rumah Sakit, Puskesmas, dan fasilitas kesehatan lainnya. Penambahan tenaga medis juga akan dilakukan,” terang Bupati Huda.

Selain itu, Bupati juga menyampaikan bahwa pihaknya telah menyiapkan anggaran penanganan Covid-19 hingga mencapai Rp. 60 Miliar, yang diambilkan dari anggaran tidak terduga dan refocusing anggaran.

“Selain untuk kepentingan medis, anggaran tersebut juga digunakan untuk membantu masyarakat kecil yang terdampak langsung secara sosial ekonomi, dengan diberlakukannya sejumlah kebijakan untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona,” imbuhnya.

Baca Juga : Kondisi Pasien Positif Corona Tuban Membaik, Seluruh Keluarga Negatif

Sementara itu, data update Covid-19 pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tuban menyebutkan, saat ini tercatat 447 Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan dari jumlah tersebut sebanyak 138 orang dinyatakan selesai pemantauan, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 7 orang, dan 5 diantaranya dinyatakan sembuh dan negatif. Sedangkan data positif terinfeksi Virus Corona dua orang, satu diantaranya meninggal dunia dan satu yang lainnya sedang menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD dr. R. Koesma. (im/dil)

/