Pemkab Gelar Lomba Batik

17 nov batikkabartuban.com – Sebagai salah satu rangkaian acara peringatan Hari Jadi Tuban ke – 720, Pemerintah Kabupaten Tuban menggelar lomba kreasi motif batik tulis khas Tuban. Lomba yang digelar di area Pantai Boom Tuban tersebut cukup meriah dengan diikuti pelajar tingkat SD s.d SMA dan peserta umum, Minggu (17/11/2013).

Seperti disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Perekonomian Kabupaten Tuban Farid Ahmadi, bahwa lomba membatik merupakan salah satu upaya dari Pemkab Tuban untuk melestarikan batik sebagai budaya warisan leluhur yang bernilai seni tinggi. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan usaha untuk mengenalkan batik pada generasi muda.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Husaien menyatakan, “Lomba batik ini sangat penting untuk mengembangkan potensi batik khas Tuban.Selain untuk mengenalkan batik khas Tuban kepada masyarakat, juga untuk mencari bibit-bibit pengrajin batik.”

”Kekayaan budaya ini harus kita jaga bersama-sama, termasuk seni batik ini. Jangan sampai batik kita nanti diakui oleh daerah lain atau negara lain,” imbuhnya.

Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Perekonomian Kabupaten Tuban Farid Ahmadi, pada event lomba batik ini, setidaknya ada empat (4) kategori yang dilombakan, yaitu tingkat SD, SMP, SMA, dan tingkat umum. (im)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close