Bupati Kukuhkan Pengurus Baznas

kabartuban.com – Bupati Tuban, H Fathul Huda ingatkan pimpinan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tuban untuk bekerja lebih profesional, dalam mengelola oraganisasi sejalan dengan teleh terbentuknya kepengurusan Baznas di Bumi Wali Tuban.

“Baz ini mempunyai tanggung jawab yang tidak mudah, mengingat organisasi ini menjadi salah satu penyalur rukun Islam  yaitu zakat, maka kami berharap bisa lebih eksis dan semakin profesional,” kata Bupati Tuban saat memberikan sambutannya dalam acara pelantikan UPZ Basnas Tuban di gedung pendopo krido Manunggal Tuban (27/4/17).

Bupati meminta agar UPZ Basnas memperhatikan warga miskin, mengingatkan akan pentingnya Zakat bagi yang mampu.

“Jika setiap Kepala Dinas, Kabag hingga staf PNS memberikan zakatnya di UPZ Basnas, maka akan lebih merata untuk masyarakat yang berhak menerima,” terangnya.

Sementara itu Kepala Baznas Provinsi Jawa Timur, KH Abdussalam Nawawi  menyampaikan dengan dikuluhkannya pengurus baru maka ini menandahkan Tuban mampu menjadi harapan baru Baznas terbaik di Jawa Timur.

“Kenapa kami sampaikan Tuban mampu menjadi salah satu yang terbaik di Jawa Timur, karena sebelum dilantik Baznas Tuban sudah action dengan dibuktikannya adanya penerima manfaat,” terang Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya ini.

Yang perlu digaris bawahi zakat, infaq dan sedekah bukan untuk dipamerkan, tapi dengan didatangkannya penerima manfaat ini untuk menggugah kesadaran kita semua. “Uluran tangan kita itu sangat dibutuhkan oleh sebagain saudara kita yang memang sedang diujikesabarannya oleh Allah,” KH Abdussalam Nawawi.

Lebih lanjut mantan Dekan Fakultas Syariah ini menjelaskan apa yang menjadi tanggung jawab Baznas itu mulai menerima hingga penyalurannya di catat dan itu harus dilaporkan dua kali dalam satu tahun.

“Mungkin hanya Baznas yang memberikan LPJ dalam satu tahun dua kali, Baz ini harus diaudit oleh akuntan publik, termasuk kesesuaiannya dengan syariah, karena urusang uang dimana-mana rawan, serta agar lembaga ini dipercaya oleh masyarakat,”pungkas ketua Baznas Provinsi Jawa Timur ini.(pul)

Populer Minggu Ini

Kasus Pencurian Diesel yang Melibatkan Kades Kedungsoko Jalani Sidang Tahap Awal

kabartuban.com - Setelah berbulan-bulan lamanya, kasus pencurian diesel yang...

Pemkab Tuban Berkolaborasi dengan Industri Daerah Gelar Simulasi Penanganan Bencana

kabartuban.com - Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, membuka kegiatan...

Jatim Jadi Tim Sepak Bola Paling Sukses dalam Sejarah PON Setelah Berhasil Raih Medali Emas ke Lima

kabartuban.com - Tim sepak bola putra Jawa Timur berhasil...

UU Kementerian Disetujui DPR, Presiden Bebas Bentuk Kabinet Tanpa Batas Jumlah Menteri

kabartuban.com - Rapat Paripurna DPR RI Ke-7 Masa Persidangan...

Warga Panyuran Resah, Pencurian Sapi Berulang Terjadi dalam Dua Bulan

kabartuban.com – Warga Kelurahan Panyuran, Tuban, kembali dibuat resah...
spot_img

Artikel Terkait