Bupati Tuban Tinjau Lokasi Warga Terdampak Kebocoran Tangki TBBM Pertamina

kabartuban.com – Menanggapi kejadian bocornya Tangki Fuel Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) yang terjadi Senin dini hari, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky meninjau lokasi pengungsian para warga terdampak yang terletak di Lapangan Desa Purworejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Dalam kegiatan tersebut, ia menyampaikan bahwa dikarenakan kejadian ini, keamanan dan keselamatan di sekitar proyek vital seperti TBBM harus ditingkatkan dengan memprioritaskan warga di sekitar lokasi.

“Saya harap ini menjadi evaluasi bersama, agar kejadian ini tidak terulang lagi,” tuturnya kala melakukan peninjauan bersama Forkopimda dan jajarannya, Senin (10/06/2024).

Diungkapkannya juga bahwa para warga telah kembali beraktivitas di rumah masing-masing sejak pukul 10.00 WIB setelah dilakukan investigasi dan penyisiran menggunakan gas detektor oleh pihak Internal Pertamina, telah dinyatakan bahwa tidak terdapat gas berbahaya seperti gas H2S dan Hydro Carbon.

Meski telah membuat beberapa warga mengalami pusing, mual bahkan muntah akibat kejadian ini, Manager TBBM, Adriansyah mewakili PT Pertamina menyebutkan hal tersebut tidak membahayakan.

“Bau tersebut nggak bahaya, namun memang beberapa bisa pusing atau mual,” ungkapnya.

Menyikapi kejadian yang telah membuat lebih dari 2 ribu orang mengungsi di sejumlah tempat ini, diungkapkannya bahwa sesuai dengan kesepakatan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan beberapa pihak terkait, tidak akan ada aktivitas warga di sekitar area terdampak karena area tersebut harus dikosongkan, begitu pula dengan aktivitas belajar mengajar di sekolah yang akan turut diliburkan. (za/zum)

Populer Minggu Ini

Langit Tuban Akan Alami Variasi Cuaca pada Sabtu, 29 September 2024

kabartuban.com -- Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban akan mengalami variasi...

Target Kunjungan Wisatawan Belum Tercapai, Disbudpar Jatim Gencarkan Promosi

kabartuban.com -- Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) telah...

Hutang Jatuh Tempo Negara Capai Rp.800 Triliun, Kemenkeu Siapkan Strategi Pelunasan

kabartuban.com -- Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI telah mengungkapkan rencana...

Langit Bulan Oktober Akan Dihiasi Berbagai Fenomena Astronomi

kabartuban.com -- Oktober 2024 akan menjadi bulan yang istimewa...

Mendagri Keluhkan Banyak Pemda yang Boros Pergunakan Anggaran

kabartuban.com -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian...
spot_img

Artikel Terkait