Kemenag Tuban Siap Laksanakan Digitalisasi Kartu Nikah

3

kabartuban.com – Kantor kementerian Agama Kabupaten Tuban mengaku siap mendukung program kementerian pusat, berupa kartu nikah digital yang akan diluncurkan pada akhir Mei ini.

Kasi Dikmas Islam, Kementerian Agama Kabupaten Tuban Mashari mengatakan, langkah awal yang akan dilakukan Kemenag Tuban adalah dengan melakukan sosialisasi ke masing-masing Kantor Urusan Agama (KUA) yang ada Tuban sebagai pelaksana program itu nantinya.

“Pertama tentu saja akan mendukung program mulia itu, salah satunya penyiapan pendukung dan Sosialisasi ke KUA yang ada,” ujar Mashari.

Menurut Mashari, digitalisasi kartu nikah sangat penting untuk keperluan data nikah suami istri, sebab dengan data ini akan memudahkan masyarakat dalam mengakses data mereka terlebih di era digitalisasi seperti saat ini.

“Disamping itu tidak perlu repot membawa kartu nikah saat bepergian, karena datanya akan dapat diakses secara online nantinya,” jelas Mashari.

Layanan itu lanjut Kasi Dikmas Islam Kemenag Tuban ini, diharapkan mampu mempermudah masyarakat yang sudah melakukan akad nikah untuk mendapatkan akses datanya. Jadi Selain mendapatkan buku nikah senagai bukti telah tercatat sebagai suami istri yang sah, juga akan dapat kartu nikah digital.

Mashari mengaku, jika program itu sudah diluncurkan pemerintah pusat, kementerian agama daerah akan segera menindaklanjuti dengan melakukan Sosialisasi, dan memyiapkan perangkat pendukung lainnya untuk memperlancar program kementerian agama pusat itu.

“Mohon doanya, semoga dapat secepatnya terlaksana dan dapat dirasakan masfaatnya oleh masyarakat,” pungkas Mashari. (luk)

/