Lahan Luas, Desa Wolutengah Bakal Jadi Kampung Durian

34
foto: saat tanam pohon durian

kabartuban.com – Kapolres Tuban AKBP Darman S.I.K. bersama PJU dan Forkopimcam Kerek serta Kepala Desa se-Kecamatan Kerek melaksanakan Launching Kampung Durian Desa Wolutengah, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Rabu  (08/06/2022).

Dalam sambutannya, Kapolres Tuban menyatakan, pertama kali Launching Kampung Durian di Desa Wolutengah, Kecamatan Kerek karena desa ini dinilai masih memiliki lahan luas dan produktif untuk ditanami durian.

“Secara simbolis di sini kita menanam 50 batang pohon durian jenis musang king dan durian duri hitam sebagai percontohan,” tuturnya.

Menurutnya, pihaknya membuka pintu selebar-lebarnya bagi masyarakat desa lain yang ingin ikut menanam durian. Sehingga, penanaman durian nantinya akan menghasilkan nilai tambah jika dikelola dengan baik.

“Jika masyarakat ada yang memiliki lahan dan ingin ikut menanam silakan, sebab pola tanam durian tidak mengganggu jenis tanaman palawija jika dicampur,” timpalnya.

Sementara itu, Kepala Desa Wolutengah, Rasdan menyambut baik program Kapolres tersebut. Sebab diakuinya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Sementara ada lahan 10 hektare yang sudah siap ditanami, dan itu masih bisa bertambah jika ada yang masih berminat,” kata Rasdan.

Sistem penanaman ini, papar Rasdan, menggunakan pola bagi hasil, yakni 45 persen Kapolres, 45 persen pemilik lahan, 5 persen PAD, dan 5 persen untuk dana sosial.

“Bibit dan pupuk dari Kapolres, jadi masyarakat hanya menyiapkan lahan dan merawatnya,” sambungnya.

Ke depan ia berharap, jika program Kampung Durian ini ingin sukses, maka diharapkan masyarakat yang merasa memiliki lahan, baik itu pekarangan maupun sawah untuk gabung  program tersebut.

“Ini juga merupakan program Mas Bupati Tuban, One Village One Product (OVOP). Jadi kami komitmen siap mendukungnya,” pungkasnya. (nat)

 

/