PMII Tuban Gelar Aksi September Hitam

kabartuban.com – Mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Tuban menggelar aksi September Hitam di depan Patung Letda Sucipto, Tuban, sebagai bentuk pengingat kepada masyarakat atas banyaknya kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang terjadi pada bulan September.

Dalam aksi tersebut, sejumlah mahasiswa membagikan selebaran kepada para pengguna jalan, yang berisi informasi mengenai berbagai kasus pelanggaran HAM. Ketua Umum PMII Cabang Tuban, Ahmad Wafa Amrilah, menyampaikan bahwa aksi ini merupakan bentuk solidaritas untuk menolak lupa atas banyaknya kasus pelanggaran HAM yang belum terselesaikan dengan adil oleh pemerintah.

“Kita mengenang, memperingati, dan menolak lupa atas berbagai pelanggaran HAM yang belum mampu diselesaikan secara adil oleh pemerintah bangsa kita,” ujar Wafa di hadapan awak media, Rabu (11/09/2024).

Wafa juga mengajak masyarakat untuk selalu mengingat dan memahami bahwa penegakan hukum di Indonesia, khususnya terkait keadilan bagi rakyat kecil, masih lemah.

“Kita coba memberikan edukasi dan mengajak bersama-sama untuk selalu mengingat dan menyadari bahwa bangsa kita masih lemah dalam hal penegakan hukum,” tambahnya.

Ia berharap agar kasus-kasus pelanggaran HAM sebelumnya tidak terulang kembali, mengingat betapa banyaknya korban yang jatuh, terutama dari kalangan masyarakat kecil. Salah satu kasus yang masih menjadi perhatian adalah kasus Munir, seorang aktivis HAM yang menjadi korban pembunuhan sekitar 20 tahun yang lalu dan hingga kini aktor utamanya belum dihukum. Ia juga menyampaikan kekecewaannya terhadap tindakan represif aparat, terutama Polri, dalam menghadapi aksi demonstrasi di berbagai wilayah Indonesia.

“Ini juga menjadi perhatian kita, jangan sampai tindakan represif dari aparat keamanan menyebabkan banyak korban dan kejadian-kejadian serupa kembali terulang,” pungkasnya. (fah/zum)

Populer Minggu Ini

Warga Panyuran Resah, Pencurian Sapi Berulang Terjadi dalam Dua Bulan

kabartuban.com – Warga Kelurahan Panyuran, Tuban, kembali dibuat resah...

Projo Tuban Nyatakan Dukungan Kepada Ra-Fi di Pilkada 2024

kabartuban.com - Organisasi Masyarakat Pro Jokowi (Projo) Tuban pagi...

BMKG Deteksi Dua Siklon Tropis di Wilayah Indonesia

kabartuban.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan...

Api Bekas Pembakaran Sampah Melahap Sebagian Rumah dan Kendaraan di Kutorejo

kabartuban.com - Sebuah rumah di Kelurahan Kutorejo, Kecamatan Tuban,...

Kejari Tuban Usut Kasus Dugaan Korupsi Alat Pompa Air Poktan APBD 2017

kabartuban.com - Setelah menerima pengaduan terkait dugaan tindak pidana...
spot_img

Artikel Terkait