Semarakkan BBGRM ke XIX, Bupati Akui Semangat Gotong Royong di Kabupaten Tuban

11
Bupati Aditya Halindra Faridzky saat grebeg Pasar Besar Tuban.

kabartuban.com – Memperingati Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XIX yang jatuh pada Tanggal 31 Mei 2022 dilakukan serangkaian acara, dimana hal tersebut ditandai dengan adanya Grebeg Pasar yang diselenggarakan di Pasar Besar Tuban, Selasa (31/05/2022).

Warga Kabupaten Tuban juga disambut pertunjukan Reog Ponorogo dari sanggar Brandal Lokojoyo, tongklek dan ada tradisi unik dimana terdapat gunungan besar menyerupai tumpeng yang berisi berbagai sayur mayur, serta buah-buahan.

Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, Sekretaris Daerah, Budi Wiyana, Kepala Dinas Koperasi Usaha dan Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskoperindag), Agus Wijaya juga Bersama OPD terkait dan seluruh anggota HIPPAB Pasar Besar Tuban.

Terdapat 10 titik lebih kegiatan yang dimulai, kegiatan pertama dilakukan di Pendopo Krido Manunggal dengan acara penanaman pohon. Acara tersebut juga dihadiri oleh IKM dan UMKM Kabupaten Tuban yang selanjutnya dilakukan kunjungan ke sekolah yang ada di Kabupaten Tuban.

Bupati Tuban dalam kesempatan tersebut juga menjelaskan bahwa dalam kegiatan gotong royong tersebut juga dilakukan untuk melihat potensi-potensi wisata yang berada di desa-desa yang ada di Kabupaten Tuban.

“Hal ini dilakukan untuk melihat kekompakkan masyarakat di Kabupaten Tuban dalam arti menyambut pembangunan dan kebersamaan kita semua,” ucapnya.

Ditanya mengenai Grebeg Gunung, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky mengungkapkan hal tersebut diadakan dengan tujuan untuk mengangkat tradisi-tradisi yang ada dan jika memungkinkan akan mulai dirutinkan jika memang potensi pada desa tersebut ada.

“Itu adalah salah satu yang kita ingin, di mana mengangkat tradisi-tradisi yang ada dan akan kita mulai rutinkan jika memang potensinya ada disitu,” jelasnya.(hin/dil).

 

/