Tanam Pohon di Destinasi Wisata Ngerong Soko

751
Tanam pohon upaya menqambah keasrian wisata Ngerong, Gununganyar, Soko

kabartuban.com-Sebagai bentuk pengembangan destinasi wisata di Desa Gunung Anyar, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Muspika Soko bersama pihak terkait melakukan tanam pohon. Aksi tanam pohon sebanyak 3.000 pohon tersebut dibarengi dengan peresmian waduk  Ngerong yang terletak di desa setempat.

“Ada 3.000 pohon yang kita tanam hari ini, diantaranya pohon cemara dan mahoni. Ini sebagai langkah awal untuk mengembangkan potensi wasata yang ada di Desa Gunung Anyar ini,” ungkap Camat Soko, Suwito kepada kabartuban.com, Rabu (25/1/2017).

Selain sebagai bentuk pengembangan potensi di daerah setempat, kegiatan tersebut juga sebagai langkah konkret one agency one inonation dengan memanfaatkan lahan seluas tiga hektar.

“Kegiatan ini juga sebagai upaya untuk menjaga dan melestarikan alam, karena sendang ini airnya melimpah dan sebagai sumber kehidupan masyarakat sekitar,” tuturnya.

Menurutnya, ke depan, dengan diresmikannya  waduk Ngerorong tersebut pemerintah desa bersama dengan pihak terkait bisa saling bersinergi, sehingga inovasi yang dilakukan disektor wisata bisa lebih berkembang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Tuban, Sulistiadi menyatakan, pihaknya sangat mendukung   pengembangan wisata di desa. Dengan begitu diharapkan pemerintah desa setemapat isa mengelola dengan baik.

“Kedepan akan ditindaklanjuti dengan rapat bersama dan menggandeng pihak-pihak terkait termasuk perusahaan migas yang saat ini beroprasi,. Dengan begitu ketika semua bersinergi pengembaganya akan lebih maksimal,” Kepala Disparbudpora Tuban, Sulistyadi.

Didit, apaan akrabnya menambahkan, ke depan diharapakan tidak hanya wisata religi yang mengundang banyak pengunjung, namun, wisata-wisata baru diharapkan juga bisa berkembang. Sehingga bisa meningakatkan perekonomian masyarakat sekitar melalui potensi wisata yang dimiki oleh daerah setempat.

Acara tersebut diahadiri Muspika Soko, perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Disparbudpora, Dinas Komunikasi dan Informatika, Ketua Yayasan Mangrove Center, Karang Taruna, KPH Tuban, KPH Parengan, beserta pelajar dari SMA dan sejumlah elemen masyarakat Kecamatan Soko lainnya. (har)

 

/