SPN Tuban Minta Aktivis Buruh Pastikan Tidak Ada PHK di Tengah Covid-19

kabartuban.com – Hari Buruh Internasional kali ini berada di tengah Wabah Corona yang masih terus menunjukan trend peningkatan kasus. Dampak ekonomi dan pukulan dunia industri tidak bisa dihindari lagi akibat penyebaran Virus Corona. Banyak karyawan terancam Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karena perusahaan kwalahan menghadapi dinamika pasar yang kian melemah.

Ketua Serikat Pekerja Nasional (SPN) Cabang Tuban, Kusmen mengatakan setidaknya ada tiga hal yang harus dikawal dan dipastikan oleh aktivis buruh dalam kondisi darurat Wabah Corona yang terjadi saat ini.

“Perjuangan di tengah Pandemi Covid-19 ini yang harus dilakukan oleh aktivis buruh adalah memastikan bahwa; 1. Menjaga hubungan baik dengan Perusahaan atau menejemen, 2. Memastikan Perusahaan tidak ada PHK terhadap Pekerja, dan 3. Memastikan Pekerja tetap aman dari penularan Covid-19 waktu bekerja,” kata Kusmen saat dikonfirmasi kabartuba.com melalui daring.

Kepada wartawan media ini Kusmen juga mengatakan, kesejahteraan buruh di Kabupaten Tuban masih jauh dari harapan. Mengingat banyaknya perusahaan besar dan Plat Merah di Tuban, seharusnya masyarakat Tuban berperan serta di dalamnya, bukan menjadi penonton di daerah sendiri.

Menurutnya, diprediksi 5 tahun ke depan akan ada pabrik yang begitu besar dengan investasi lebih dari 200 triliun, tentunya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban harus segera membuat langkah-langkah cerdas dan cepat, mengingat perkembangan Tuban begitu pesat.

“Pemerintah dan DPRD jangan hanya berfikir prakmatis, tapi bagaimana berfikir strategis dengan mndirikan LPK Kabupaten yang terfokus dengan kebutuhan Perusahan ke depan. Tidak hanya berharap dari CSR, peserta didik baru dikirim untuk mengenyam pendidikan sesuai kebutuhan perusahaan yang ada di Tuban,” kritik Kusmen.

Lebih lanjut Kusmen mengatakan, harapannya ke depan untuk waktu yang mendesak dalam situasi darurat Covid-19 ini, Pemkab Tuban dapat fokuskan ke bidang kesehatan pekerja dan memastikan Perusahaan tidak ada PHK.

Sementara itu, Ketua Serikat Buruh Muslim Indonesia (Sarbumusi) Cabang Tuban, Irham mengatakan pihaknya meminta kepada Pemerintah untuk lebih serius memperhatikan kesejahteraan para buruh.

“Di Hari Buruh ini harapannya supaya Pemerintah lebih memperhatikan hak-hak dan kesejahteraan buruh. Selain itu kewenangan Dewan Pengawas dapat dikembalikan kepada Kabupaten, sehingga pengawasan bisa lebih maksimal,” kata Irham, Ketua DPC Sarbumusi Tuban. (dil/im)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close