Diklatsus Baritim, Wabup Tuban Gembleng Kepemimpinan

473

kabartuban.com – Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein memberikan materi Leadership atau Kepemimpinan dalam Pendidikan dan Latihan Khusus (Diklatsus) Banser Maritim (Baritim) yang pertama di Indonesia, bertempat di Mangrove Centre Tuban, Sabtu (18/11/2017).

Dalam penyampaian pembukanya, mantan Ketua PCNU Tuban tahun 1997 s.d 2007 itu mengatakan, Diklatsus Baritim pertama di Indonesia ini merupakan bentuk kesiapan banser NU dalam menyongsong kepemimpinan Indonesia.

“Indonesia ini 2/3 nya adalah laut, jadi Diklatsus Baritim ini merupakan hal yang luar biasa. Apalagi pemerintah Jokowi JK juga sangat peduli dengan kemaritiman. Kalau boleh dikatakan, masa depan Indonesia ada di kekuatan sumber daya kemaritiman. Banser harus selalu siap dan menjadi yang terdepan dalam kemajuan bangsa,” terang Wabup.

Terkait dengan kepemimpinan, Wabup mengatakan, Banser harus mempunyai sifat-sifat saja’ah atau keberanian yang sudah harus dimiliki oleh seorang pemimpin dan jelas sekali bahwa Banser merupakan calon-calon pemimpin bangsa.

“Sebagai pemimpin harus memiliki sifat-sifat keprawiraan dan harus didasari dengan kemampuan yang bagus melebihi dari yang dipimpin. Dimana hal itu merupakan syarat juga bagi penimpin,” ungkap Wabup.

Lebih lanjut Wabup mengatakan, sekarang adalah era milenia, jadi semuanya harus siapa menghadapi berbagai tantangan yang semakin hari semakin berat. Para pemimpin harus siap dan mengasah diri, untuk memiliki kemampuan lebih, termasuk di bidang teknologi informatika yang sudah merambah ke seluruh sendi kehidupan.

“Banser harus siap menghadapi era milenia dan senantiasa memacu diri, tidak menutup kemungkinan bahwa nanti pemimpin – pemimpin nasional lahir dari sini,” kata Wabup. (im)

/