Pelajar, Guru dan Komite SMAN 1 Tambakboyo Deklarasi Anti Narkoba

705

kabartuban.com – Ratusan Pelajar SMAN 1 Tambakboyo, dewan Guru, Komite Sekolah, Forkopimcam Tambakboyo, dan tokoh masyarakat setempat mengikuti deklarasi anti narkoba, kegiatan yang juga dihadiri Kepala BNN Kabupaten Tuban tersebut dilaksanakan di Halaman SMA setempat, dengan diawali senam bersama. Sabtu, (24/11/2018).

Kepala SMAN 1 Tambakboyo Drs. Nuryono mengatakan, kegiatan tersebut merupakan langkah awal sekolah agar pelajar tidak terjerumus pada penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang, dengan diberikan sosialisasi dan deklarasi oleh siswa dan dewan guru.

“Ini menindaklanjuti komunikasi dengan BNNK Tuban, dengan ini siswa akan tahu bahaya narkoba, karena mereka mendapatkan sosialisasi dari BNN,” kata Nuryono.

Menurut Nuryono, selain melaksanakan deklarasi, sekolah juga mengukuhkan Garda Anti Narkoba, yakni pelajar yang menjadi duta anti narkoba, yang diharapkan mampu menjadi penyuluh bahaya narkoba bagi lingkungan sekolah sekaligus keluarga mereka.

Sosialisasi tersebut tidak hanya membahas bahaya mengkonsumsi narkoba, namun juga dampak hukum dari pelanggaran dan penyalahan narkoba.

“Alhamdulillah ini sambil menjalin hubungan dengan masyarakat, kapolsek, kepala desa dan camat serta tokoh masyarakat,” imbuh Nuryono.

Sementara itu, kepala BNNK Tuban AKBP I Made Arjana, menyampaikan, deklarasi tersebut sebagai edukasi bagi masyarakat dan generasi muda agar jauh dari narkoba. Kedepannya kegiatan tersebut akan terus digelorakan di sekolah-sekolah, tidak hanya melalui duta anti narkoba namun juga melalui kurikulum pendidikan sekolah.

“Kami bersama dinas pendidikan, deklarasi ini adalah edukasi, dan sumpah narkoba, musuhin narkoba, ” kata Made Arjana.

Lebih lanjut, pelajar, masyarakat semua lapisan harus berani menolak, dan berani mengatakan tidak pada barang haram tersebut. Bukan tidak mungkin dari sekedar melihat melalui pergaulan lama-lama akan mencoba dan akan menjadi pecandu.

“Lingkungan sekolah, keluarga dan lingkungan pergaulan harus diperhatikan, ini penting karena narkoba bisa mengancam dan datang dari mana saja,” pungkas AKBP Made Arjana Ini.(Luk)

/