Kinerja DPRD Surabaya Masih Terhenti Setelah 40 Hari Pelantikan

kabartuban.com — Sudah lebih dari 40 hari setelah pelantikan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Surabaya, tapi dikarenakan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) masih belum terbentuk, ini kinerja DPRD Surabaya masih terhenti hingga saat ini, Kamis (03/10/2024).

Akibat dari AKD yang belum terbentuk ini, fungsi dewan dalam menjalankan tugas-tugasnya menjadi tidak maksimal, kondisi tersebut juga membuat fungsi DPRD Surabaya menjadi tidak jelas. Hal ini diungkapkan sendiri oleh Anggota DPRD Surabaya, M. Saifuddin.

“Saat ini fungsi DPRD Surabaya laa yahya wa laa yamut. Dibilang hidup ya hidup karena sudah dilantik, tapi dibilang mati ya mati karena sudah lebih dari 40 hari setelah dilantik AKD belum terbentuk dan anggota dewan belum bisa bekerja secara maksimal,” ucap Saifuddin.

Ia juga menekankan agar DPRD Surabaya bisa bekerja dengan lebih terarah dan maksimal, maka penting untuk melakukan pembentukan panitia khusus tata tertib (Pansus Tatib).

“Saya harap pansus tatib dalam minggu ini dibentuk, sehingga ada ruang-ruang untuk bekerja dan memaksimalkan kinerja anggota dewan. Dengan begitu kami tidak terkesan makan gaji buta,” tambah pria yang akrab disapa Bang Udin itu.

Bukan hanya itu, Saifuddin juga mengusulkan adanya terobosan dalam pembentukan AKD tanpa harus menunggu terlalu lama keputusan dari partai. Jika hal itu sudah terlaksana, maka pimpinan sementara bisa memiliki legitimasi untuk segera membentuk AKD. Jangan begitu, dewan bisa mulai beroperasi kembali dengan efektif.

“Lalu ke depan, saya juga berharap ada terobosan baru untuk membentuk AKD tanpa menunggu keputusan partai yang memakan waktu yang lama, sehingga ketua sementara punya legal standing untuk membentuk AKD,” pungkasnya. (za)

Populer Minggu Ini

HUT TNI ke-79, Dandim 0811/Tuban Utamakan Kepentingan Rakyat

kabartuban.com -- Dalam acara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT)...

OJK Jatim Ungkap Stabilitas Sektor Jasa Keuangan di Wilayahnya

kabartuban.com -- Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Jawa Timur (OJK...

Kemenkop UKM Tunjuk PT Surveyor Indonesia Lakukan Verifikasi Lapangan

kabartuban.com -- Sebagai anggota Holding Badan Usaha Milik Negara...

Prakiraan Cuaca Kabupaten Tuban Minggu, 6 Oktober 2024

kabartuban.com -- Pada akhir pekan setelah hari yang penuh...

Hari Jadi ke-731, Pemkab Tuban Selenggarakan Pagelaran Wayang Kulit

kabartuban.com -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban menggelar Pagelaran Wayang...
spot_img

Artikel Terkait