OJK Jatim Ungkap Stabilitas Sektor Jasa Keuangan di Wilayahnya

kabartuban.com — Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Jawa Timur (OJK Jatim) mengumumkan bahwa stabilitas sektor jasa keuangan di Jawa Timur tetap positif dan resilien.

Dedy Patria, Direktur Pengawasan OJK Jatim, menyampaikan bahwa indikator seperti kecukupan modal, risiko kredit, dan likuiditas menunjukkan tren yang sehat.

“Kecukupan modal masih terjaga dengan baik, baik itu pada bank umum, Bank Perkreditan Rakyat (BPR), maupun perbankan syariah. Untuk bank umum, kecukupan modal mencapai 30,32 persen. Untuk BPR bahkan lebih tinggi, yakni 39,66 persen. Sedangkan, sektor perbankan syariah memiliki kecukupan modal di angka 28,7 persen,” ujar Dedy di media gathering OJK di Semarang, Kamis (03/10/2024).

Pada data terbaru menunjukkan Non-Performing Loan (NPL) netto sebesar 1,93 persen yang artinya ini masih dalam kategori aman dan jauh di bawah batas risiko yang diantisipasi.

“Meskipun sektor modal ventura menunjukkan angka NPL yang sedikit lebih tinggi, yaitu di atas 5%, kami melihat pertumbuhan investor yang bertransaksi di pasar modal meningkat 13%. Secara keseluruhan kredit bermasalah masih di bawah batas toleransi OJK,” jelasnya dikutip dari Kilasjatim.com.

Dedy memastikan likuiditas terjaga dengan baik, dengan posisi aset likuid terhadap dana pihak ketiga berada di atas ambang batas. Ia juga mencatat pertumbuhan investor di pasar modal meningkat 13 persen.

OJK mendorong alternatif pendanaan melalui instrumen securitization cloud funding, yang tumbuh 7,78 persen.

“Ini kami dorong sebagai alternatif pendanaan di luar perbankan, memberikan kesempatan bagi sektor-sektor yang membutuhkan pembiayaan tanpa harus melalui proses yang panjang,” paparnya lagi.

Terkait implementasi Undang-Undang P2SK, Dedy menyoroti kewenangan tambahan OJK dalam pengawasan perusahaan pembiayaan dan lembaga keuangan mikro.

“Fintech peer to peer lending, misalnya, tumbuh sebesar 30,3%. Kami menganggap ini sebagai potensi besar bagi sektor usaha kecil dan menengah (UMKM) khususnya start up yang sedang berkembang. Kami juga mengawasi secara ketat perusahaan pembiayaan yang saat ini tumbuh 10,5%,” ungkapnya.

Melalui berbagai inisiatif, OJK Jawa Timur berupaya menjaga stabilitas dan mendukung pertumbuhan sektor jasa keuangan di wilayah tersebut. (za)

Populer Minggu Ini

HUT TNI ke-79, Dandim 0811/Tuban Utamakan Kepentingan Rakyat

kabartuban.com -- Dalam acara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT)...

Kemenkop UKM Tunjuk PT Surveyor Indonesia Lakukan Verifikasi Lapangan

kabartuban.com -- Sebagai anggota Holding Badan Usaha Milik Negara...

Prakiraan Cuaca Kabupaten Tuban Minggu, 6 Oktober 2024

kabartuban.com -- Pada akhir pekan setelah hari yang penuh...

Hari Jadi ke-731, Pemkab Tuban Selenggarakan Pagelaran Wayang Kulit

kabartuban.com -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban menggelar Pagelaran Wayang...

Hadapi Pilkada 2024, Polres Tuban Lakukan Cooling Sistem Bersama Perguruan Silat

kabartuban.com -- Polres Tuban bersama belasan petinggi berbagai perguruan...
spot_img

Artikel Terkait