PAC GP Ansor Kota Tuban Akhirnya Dilantik

517
Prosesi pelantikan pengurus PAC GP Ansor Kota Tuban di Aula Kantor PC NU Tuban.

kabartuban.com  – Setelah tertunda hampir satu tahun, akhirnya Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Tuban bisa melaksanakan pelantikan sekaligus mengadakan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) di Gedung PC NU Tuban, Minggu (29/10/2017) malam.

Kenapa pelantikan baru dilakukan? sebagai organisasi pengkaderan dari Nahdlatul Ulama (NU), PKD adalah syarat mutlak yang harus dilakukan, selain membentuk pimpinan ranting dimasing-masing kelurahan dan desa.

“Kita adakan PKD sekaligus pelantikan ini adalah mungkin sejarah baru, meski sebenernya kita sudah menjalankan roda organisasi, ” kata Jakfar Ali Ketua PAC GP Ansor Tuban Kita dalam sambutanya.

Potensi kader NU di wilayah Kecamatan Tuban Kota sangat banyak dan kualitasnya baik, ke depan PAC Kota bisa mengaktifkan seluruh rantingnya. Sebab, Ansor di tingkat ranting sudah ada 14 dari jumlah keseluruhan 16 kelurahan/desa.

“Semoga ke depan, Desa atau kelurahan yang belum ada Ansornya bisa segera terbentuk,” harap Gus Affa.

Sementara itu, Ketua Umum  Cabang Pimpinan (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor,  H.  Syafiq Syauqi menyampaikan terimakasih pada seluruh pihak yang mendukung baik moril maupun matriil pada Ansor dan terus melakukan Pengkaderan di Bumi Wali.

“Tugas Ansor adalah reproduksi Kader, Alhamdulillah selama setahun ini, kita merekrut kader hampir 1000 orang, kalau empat tahun ya kalau di hitung 4000 kader,” kata Syafiq.

Gus Syafiq berharap bangkitnya PAC Kota menjadi pertanda bangkitnya Ansor di Cabang, karena memang di kota menjadi barometer pengkaderan yang harus di garap bersama-sama.

“Kalau buat menghidupkan Ansor di daerah pinggiran itu sangatlah gampang, karena perdesaa itu basis NU. Namun, Kalau di Kota, sangat berat. Maka semoga ini menjadi momentum bersama dalam menyebarkan syiar Islam Rahmatal Lil Alamin pada masyarakat Kota. Eksistensi Ansor dilihat dari seberapa besar memberikan manfaat pada organisasi dan masyarakat sekitar, “tambah Gus Syafiq.

Sementara itu, Camat Kota Tuban , Erkamni dalam sambutannya mengatakan, selain menyampaikan selamat atas pelantikan PAC Tuban, juga berharap menjadi spirit dan motivasi baru bagi generasi muda.  Pihaknya sangat yakin dan percaya,  pemuda yang tergabung dan mengikuti PKD di jamin sudah mantab dan kredibel.

Karena, tambah Camat Kota, dengan realitas di luar, banyak ancaman yang yang tidak baik. Seperti pergaulan bebas, pengunaan obat-obatan terlarang dan pengaruh dan dampak media sosial.

“Kalau sudah masuk Ansor, pasti aman, dan itu terjamin, apalagi sudah PKD ” kata Erkamni

Lanjut Erkamni, Ansor tidak hanya mengawal NU dan ajaran Ahlussunah Wal Jamaah, tapi juga Indonesia.  Banyak organisasi yang pada ujungnya ingin mengganti ideologi negara dan tidak sepakat dengan Pancasila. Sedang kan Ansor berbeda, NU dan banomnya yang paling getol dalam mempertahankan ideologi bangsa ini dan menghukumi NKRI sudah final atau harga mati.

“Ansor itu jelas Islamnya, jelas Ke Indonesia-annya, ” terang mantan Camat Tambakboyo ini.

Dalam pelantikan tersebut turut hadir seluruh Banom NU dan juga ada arahan langsung dari Rois Syuriyah PCNU Tuban,  KH Cholilur Rohman.  (Dur/Kh)

/