Cara Membersihkan Paru-Paru Karena Efek Rokok Dan Polusi

73
Ilustrasi menghirup uap

kabartuban.com – Seperti diketahui, menghirup polusi udara, asap rokok, dan racun lainnya dapat merusak paru-paru dan bahkan menyebabkan penyakit. Kesehatan paru-paru memang memegang peran penting untuk Kesehatan seseorang secara keseluruhan.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk membersihkan paru-paru yang dapat dicoba tersebut:

  1. Terapi uap, Terapi uap atau inhalasi uap dilakukan dengan cara menghirup uap air untuk membuka saluran udara dan membantu paru-paru mengeluarkan Orang dengan kondisi paru-paru mungkin melihat gejala mereka memburuk saat udara dingin atau kering. Iklim ini dapat mengeringkan selaput lendir di saluran udara dan membatasi aliran darah. Sebaliknya, uap bisa menambah kehangatan dan kelembapan pada udara, yang dapat meningkatkan pernapasan dan membantu melonggarkan lender di dalam saluran napas dan paru-paru.
  2. Batuk Terkontrol, Batuk adalah cara tubuh mengeluarkan racun secara alami yang terperangkap di dalam lender. Batuk yang terkendali akan mengencerkan lendir terlebih dahulu di paru-paru, mengirimkannya melalui saluran udara. Dokter menganjurkan agar penderitaan PPOK melakukan Latihan ini untuk membantu membersihkan paru-paru mereka.
  3. Praktikkan Teknik Postural Drainage, postural Drainage merupakan salah satu Teknik yang digunakan untuk mengalirkan sputum atau dahak yang berada di dalam paru agar mengalir ke saluran pernapasan yang besar, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Praktik ini diyakini dapat meningkatkan pernapasan dan membantu mengobati atau mencegah infeksi paru-paru.
  4. Olahraga, Olahraga teratur dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental  orang, dan menurut risiko berbagai kondisi Kesehatan, termasuk stroke dan penyakit jantung. Olahraga akan memaksa otot untuk bekerja lebih keras, yang meningkatkan laju pernapasan tubuh, mengasilkan suplai oksigen yang lebih besar ke otot. Olahraga juga dapat meningkatkan sirkulasi, membuat tubuh lebih efisien dalam menghilangkan kelebihan karbon dioksida yang dihasilkan oleh tubuh.
  5. Minum The Hijau, The hujau memiliki banyak kandungan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan di paru-paru. Senyawa ini bahkan dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek berbahaya dari menghirup asap.
  6. Mengonsumsi makanan anti-inflamasi radang saluran udara bisa membuat seseorang sulit bernapas dan menyebabkan dada terasa berat dan sesak. Mengonsumsi makanan anti radang diyakini dapat mengurangi peradangan untuk meredakan gejala tersebut.
  7. Perkusi (Ketukan) dada perkusi adakah cara efektif lainnya untuk mengeluarkan lender berlebih dari paru-paru. Seorang prifesional perawatan Kesehatan atau terapis pernapasan akan menggunakan tangan yang ditangkupkan untuk mengetuk dinding dada secara ritmis untuk mengeluarkakn lender yang terperangkap di paru-paru. Menggabungkan perkusi dada dan postural drainase dapat membantu membersihkan saluran udara lender berlebih.

Baca Juga: Tinggal Seorang Diri Hingga Kerja Serabutan di Lakoni Mbah Ngasiman Untuk Bertahan Hidup

Tips-tips di atas dapat kamu praktekkan dalam kehidupan sehari-hari jika kamu memiliki penyakit paru-paru. (nat/mel)