10 Karya Terbaik Siswa, Dipresentasikan Didepan Juri

810
Para juri saat menanyakan hasil karya para siswa di Kantor Balai Wartawan Tuban.

kabartuban.com- Sepuluh karya terbaik lomba menulis opini dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2017 oleh perkumpulan wartawan tuban, Ronggolawe Press Solidarity (RPS), dipresentasikan para penulisnya didepan dewan juri, di Balai wartawan Tuban, Jalan Pramuka Nomor 1 Tuban.

Presentasi ini untuk menentukan juara karya terbaik menulis opini berkaitan dengan potensi wisata di Kabupaten Tuban serta untuk membuktikan original apa tidak karya siswa-siswi ini.

“Dari 70 naskah yang masuk di panitia ada 10 peserta yang lolos besar dan presentasi,” ujar Koordinator Lomba Menulis Opini, Dion Fajar Ariyanto (09/03/2017).

Dihadapan para juri, yang terdiri wartawan senior, pihak Dinas Pariwisata  Pemkab Tuban dan unsur akademisi, setiap peserta menjelaskan karyanya secara detail hasil tulisan mereka masing-masing. Disamping itu peserta juga diedukasi cara menulis yang baik.

“Presentasi ini untuk mengetahui sejauh mana karya itu dapat dipertanggungjawabkan oleh para penulisnya, “ lanjut Dion.

Sementara, salah satu peserta lomba, Elvida pelajar SMK PGRI 2 Tuban, menulis opini Blimbing di Desa Tasikmadu, Kecamatan Palang. Dalam karyanya pelajar itu menulis ide akan sangat baik apabila semua potensi wisata di Tuban dikemas dalam satu majalah,  ide tersebut langsung direspon oleh Kepala Prodi Pasca Sarjana Unisda Lamongan, Sariban, salah satu juri.

Elvida sangat bersemangat menjelaskan konsep wisata alam saat juri menanyakan beberapa pertanyaan untuknya. Pelajar itu mengatakan, perlunya menambah infrastruktur berupa gazebo, kamar mandi, dan tempat ibadah. Di lokasi wisata juga harus dibuatkan ikon blimbing untuk foto pengunjung.

“Saat ini selain berlibur, wisatawan juga mengejar foto di ikon wisata,” jelasnya.

Adu argumen setiap tema yang dijelaskan peserta pun mengalir. Masing-masing pelajar ternyata memiliki landasan kuat dalam menentukan judul opini, sesuai tema potensi dan pengelolaan destinasi wisata di Tuban.

Selain Sariban, juri lainnya adalah Teguh Budi Utomo wartawan senior di Tuban, dan  juri ketiga yakni Suwanto Kabid Pariwisata Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Tuban.

Untuk diketahui hasil mempresentasikan karyanya yang sudah disampaikan didepan para juri, akan diumumkan pada puncak acara HPN RPS tanggal 21 Maret mendatang di Puncak Banyulangse, Desa Boto, Kecamatan Semanding. Dalam satu tempat juga diadakan pengobatan masal gratis, dan tanam pohon sebagai upaya melestarikan lingkungan.  (Luk)

/