Tuban Selatan Diterjang Puting Beliung, 206 Rumah Rusak

467

kabartuban.com – Wilayah Tuban Selatan diterjang angin puting beliung hingga membuat masyarakat panik. Bencana alam yang datang dengan tiba – tiba tersebut, sedikitnya telah merusak 206 unit rumah warga yang menimpa enam wilayah kecamatan di bagian selatan Kabupaten Tuban, yaitu Kecamatan Rengel, Parengan, Singgahan, Bangilan, Senori, dan Kecamatan Kenduruan.

Terkait bencana tersebut, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Joko Ludiono mengatakan, “Kawasan Tuban Selatan menjadi langganan puting beliung, karena wilayah setempat berada di sekitar pegunungan kapur Kendeng Utara,” kata Joko, Senin (30/11/2015).

Menurutnya, sesuai arah angin laut maupun darat, pergerakan angin hanya memutar pelan di sekitar pegunungan, sehingga dalam waktu berkelanjutan angin menumpuk dan menimbulkan puting beliung.

“Pergantian musim kali ini diwarnai hujan lebat disertai angin kencang sesaat dengan kecepatan 50 km per jam,” ucap Joko.

Kepada wartawan media ini Joko Ludiono menyampaikan himbauan kepada masyarakat setempat untuk tetap waspada terhadap bencana puting beliung, dan segera mencari tempat perlindungan yang aman ketika terjadi hujan lebat disertai angin kencang. (al/im)

/