45 Hari Terakhir, 61 Warga Desa Karanglo Meninggal Dunia

508

kabartuban.com – Dalam 45 hari terakhir, sebanyak 61 warga Desa Karanglo, Kecamatan Kerek, Tuban meninggal dunia. Warga heran karena hal seperti ini tidak lazim terjadi.

Sunandar selaku Kepala Desa Karanglo menuturkan, jumlah warganya yang meninggal dalam 45 hari terakhir telah mencapai 61 orang. Hal tersebut membuat banyak warga heran, karena kebanyakan warga yang meninggal masih dalam usia produktif yakni antara 40-60 tahun.

“Ini tidak pernah terjadi sebelumnya, dalam satu bulan empat orang saja sudah banyak. Ini malah sebanyak itu,” ujar Sunandar kepada kabartuban.com Jumat (01/04/2016).

Ia menerangkan, tingginya angka kematian tersebut terjadi sejak bulan Februari hingga awal April. Dari data kematian yang dimiliki desa, penyebab kematian paling banyak adalah karena sakit yakni dengan prosentase 80% dan sisanya 20% disebabkan karena lansia dan berbagai faktor lain.

“Kebanyakan sakit paru-paru, ada juga yang stroke, lainya memang sudah tua,” jelas Sunandar.

Menurut Sunandar, bahkan akhir pekan lalu ada tiga warga desanya yang meninggal dunia pada hari yang sama. “Dua orang meninggal dengan jarak beberapa saat pada pagi hari, dan sore harinya ada satu warga lain yang meninggal,” katanya.

Karena terlalu banyak warga yang meniggal, warga kewalahan melaksanan tahlilan karena jumlah pemimpin tahlil yang terbatas. (lk/riz)

/