Akhir Ritual, Warga Berebut Sesaji Di Klenteng Kwan Sing Bio

562

kabartuban.com – Selain berjubel antri kupon beras gratis, sebagian warga ikut berdesakan berebut sesaji di Tempat Ibadat Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio (KSB) Tuban siang tadi. Rebutan sesaji tersebut sebagai penutup dari prosesi ritual dalam rangka sedekah bumi.

“Acara ini untuk mendoakan arwah-arwah leluhur kita, terutama untuk yang tidak terawat. Tidak terawat dalam arti yang tidak disembahyangi keturunannya. Selain itu juga untuk sedekah,” terang Gunawan Putra Wirawan, Ketua Pengurus TITD KSB Tuban

Gunawan melanjutkan, ritual ini dimulai pukul 11.00 WIB, dengan diawali sembahyang bersama untuk memohon doa, setelah itu ditutup dengan rebutan sesaji yang diperuntukkan oleh warga.

“Sesajinya berupa buceng yang didalamnya ada nasi, dan makanan-makanan seperti Mie, Teh dan lainnya,” ungkapnya.

Dikatakan oleh Gunawan, selain menyiapkan 1.000 kupon beras gratis, pihaknya juga menyiapkan 2.000 sesaji, yang mana 1.400 untuk diperebutkan, dan yang 600 untuk dibagikan ke umat.

Sementara itu, Suti’ah salah seorang warga dari Kelurahan Karangsari Tuban  mengaku datang bersama anak dan suaminya turut antri kupon beras dan ikut berebut sesaji.

“Saya diajak tetangga tadi, terus saya ngajak suami saya, lumayan dapat beras 5 kg dan dapat nasi,” tutup Suti’ah.(har)

/