Aksi Demo, Polisi dan Mahasiswa Sepakat Damai

752

kabartuban.com – Polisi dan Aliansi Mahasiswa yang menggelar aksi demonstrasi saat kunjungan Presiden Joko Widodo di Kabupaten Tuban telah bersepakat damai dan menyelesaikan perkara secara kekeluargaan. Hal tersebut menyusul bentrokan mahasiswa dengan pihak kepolisian saat dibubarkannya aksi demo mahasiswa.

Sebagaimana disampaikan Kapolres Tuban AKBP. Sutrisno HR kepada kabartuban.com, bahwa pihaknya telah melakukan langkah pesuasif dengan pihak mahasiswa. Petugas kepolisian telah menjaga dan mengawal aksi mulai dari titik pemberangkatan aksi di Jalan tembus Gedongombo, Jalan Pahlawan, Jalan Veteran, sebelum akhirnya dibubarkan oleh petugas setelah menyuarakan aspirasinya di depan gedung Pemkab Tuban.

“Kami telah melakukan langkah persuasif dengan para mahasiswa. Semuanya berjalan dengan baik, dan akhirnya harus dibubarkan oleh petugas, karena memang aksi itu tidak ada pemberitahuan sebelumnya dan tidak sesuai aturan,” terang Kapolres, Sabtu (10/3/2018).

Lebih lanjut Kapolres menegaskan, dalam pelaksanaan demonstrasi setidaknya ada beberapa hal yang harus dilakukan, diantaranya menyampaikan pemberitahuan secara tertulis kepada Polri yang dilakukan oleh yang bersangkutan, pemimpin, atau penanggung jawab kelompok, dan pemberitahuan diberikan selambat-lambatnya 3 x 24 (tiga kali dua puluh empat) jam sebelum kegiatan dimulai.

Terkait insiden yang terjadi saat aksi, Kapolres menjelaskan bahwa ada sedikit kesalahpahaman antara petugas dengan mahasiswa dan hal itu sudah diselesaikan secara damai dan kekeluargaan. Selain itu dari pihak mahasiswa juga bersedia menerima ganti rugi material akibat kejadian tersebut.

“Semua sudah selesai pada hari itu juga, dan sepakat untuk tidak saling menuntut dan diselesaikan secara kekeluargaan. Pihak mahasiswa yang merasa dirugikan juga sudah membuat pernyataan tertulis yang isinya telah menyelesaikan perkara tersebut secara kekeluargaan,” kata Kapolres.

Seperti diberitakan sebelumnya, menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo, Aliansi Mahasiswa yang terdiri dari PMII, GMNI, dan IMM menggelar aksi demonstrasi di pusat kota Tuban. (dur/im)

Apa Komentarmu?

SHARE