Awal Puasa Muhammadiyah & NU Kemungkinan Besar Akan Bersamaan

367

kabartuban.com – Berdasarkan pada hasil Hisab Wujudul Hilal, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan awal ramadhan jatuh pada 6 Juni 2016. Dimana pada Ahad Legi, 5 Juni 2016, tinggi bulan saat terbenam berada diatas ufuk.

“Insya Alloh pada Ahad malam tanggal 5 Juni sudah sholat tarawih dan besoknya tanggal 6 Juni sudah puasa,” ujar Nurul Yakin selaku Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tuban kepada kabartuban.com Selasa (26/04/2016).

Nurul Yakin mengaku hingga saat ini pimpinan daerah belum menerima surat edaran mengenai penetapan awal puasa dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Tetapi, jika pimpinan daerah sudah menerima surat edaran tersebut, maka akan segera disampaikan kepada warga Muhammadiyah di Kabupaten Tuban.

“Belum ada surat edaran dari pusat, jika nanti sudah ada menjelag ramadhan akan kami sampaikan. Namun kami yakin warga Muhammadiyah di Tuban sudah tahu awal puasa besok dari berbagai media,” kaya Yakin.

Terkait perbedaan hari yang biasanya terjadi antara Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama’ (NU), Nurul yakin mengatakan bahwa tahun ini kemungkinan besar awal puasa akan bersamaan. Ia juga berharap perbedaan awal puasa tidak dijadikan persoalan besar, karena pad dasarnya ramadhan adalah momen untuk memperbanyak amal kebaikan.

“Insya Alloh tahun ini bersaman, tapi nanti jika ada perbedaan hari kami harap ini semua berjalan lancar seperti tahun-tahun sebelumnya,” tutup Yakin. (lk/riz)

/